nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta tentang Hari Es Krim Sedunia, Kulik Sejarah dan Perayaannya!

Renny Sundayani, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 22:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 21 298 2081745 fakta-tentang-hari-es-krim-sedunia-kulik-sejarah-dan-perayaannya-BsMj5Ail6h.jpg Hari Es Krim Sedunia (Foto: Pixabay)

Siapa yang suka makan es krim? Wah, pasti banyak sekali teman-teman yang gemar makan es krim. Namun tahukah teman-teman, bahwa hari ini, 21 Juli 2019 merupakan Hari Es krim Sedunia, lho!

Hari Es Krim Sedunia awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada 1984. Hmm...sebenarnya sejak kapan ada perayaan hari es krim sedunia, ya? Yuk, kita cari tahu sejarahnya!

Sebenarnya perayaan ini hanya akan dirayakan satu kali pada 15 Juli 1984, tapi pada akhirnya menjadi sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun. Bukan di tanggal 21 Juli, perayaan Hari Es Krim sedunia dirayakan setiap minggu ketiga di bulan Juli.

Kebetulan minggu ketiga bulan Juli di tahun 2019 ini adalah tanggal 21 Juli, maka itu kita merayakannya hari ini

Sejarah Es Krim

Es krim dulu dibuat dengan cara tradisional, yaitu dengan membekukan campuran krim atau susu, gula, dan beberapa jenis perasa. Es krim sering dikonsumsi sebagai makanan penutup atau sebagai camilan.

Beberapa ahli sejarah percaya bahwa masyarakat Tiongkok lah yang menciptakan versi paling awal dari es krim. Sementara yang lain mengatakan bahwa orang Romawi mencampur salju dengan madu dan buah-buahan yang merupakan es krim pertama.

Nah, merayakan Hari Es Krim Sedunia tersebut produsen Es krim Joyday menggelar berbagai kegiatan menarik plus bagi-bagi es krim gratis bertajuk #21isJoyDay di Jakarta CFD (Car Free Day), tepatnya di depan patung Jenderal Sudirman, tak jauh dari Bundaran HI, Minggu (21/7/2019).

Salah satu pengunjung CFD, Chitra dan anaknya Raka, merupakan salah satu dari ratusan orang yang beruntung mendapatkan es krim rasa favorit mereka secara gratis.

"Senang banget pas dapat es krim gratisan," ucap Tia, warga Depok yang mengikuti CFD di Minggu pagi.

Sedangkan Brand Manager Joyday Ice Cream, Yogi Maringgi mengatakan acara yang digelar di area Dukuh Atas (depan patung Jenderal Sudirman), Sarinah Thamrin dan FX Senayan diisi dengan berbagai acara mulai dari long march dari Dukuh Atas ke Bunderan HI dan kembali ke Dukuh Atas, serta dimeriahkan berbagai acara mulai dari marching band, Zumba dance, Bagi-bagi es krim gratis, Games seru, Stand-up comedy.

Selain di Jakarta, sambung Yogi Maringgi, event serupa secara serentak digelar pula di kota-kota lainnya. “Ya, kami memberikan kejutan #21isJoyDay di 10 kota besar di Indonesia, tidak hanya di Jakarta tapi juga Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Semarang, Solo, Pekanbaru, Jambi dan Lampung yang turut memeriahkan Hari Es Krim Sedunia,“ terangnya kepada Okezone.com.

 

Es Krim Awalnya Dari Salju

Perlu diketahui, Sejarah es krim pertama kali konon muncul pada zaman Romawi pada masa kepemimpinan Kaisar Nero tahun 64 Masehi. Diceritakan, bahwa pada masa itu, sang kaisar menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian, dibuatkan kombinasi antara salju halus, nektar, sirop buah, dan madu.

Sementara di China es krim baru mulai dikenal sekitar tahun 700 M. Kemunculan es krim di Cina dimulai ketika Raja Tang dari kerajaan Shang mendapatkan hadiah berupa gumpalan salju pada saat selesai makan malam. Kemudian salju itu diproses dengan memberi campuran susu dan sari buah, dan dilumuri dengan madu. Makanan penutup yang dikenal dengan istilah xuebaite tersebut ternyata menjadi makanan kesukaan sang raja, yang akhirnya dipopulerkan di lingkungan kerajaan.

Semakin berkembangnya zaman, produksi pembuatan es krim saat itu meningkat pesat seiring dengan inovasi teknologi seperti teknologi pendingin mekanis, penemuan tenaga uap dan listrik. Teknik pengemasan makanan serta pengetahuan dalam proses pembekuan sampai saat ini pun semakin banyak diketahui masyarakat.

Mengkonsumsi es krim juga dapat merangsang proses terbentuknya hormon dan juga thrombotonin. Fungsi hormon ini adalah untuk menenangkan hati, mengurangi rasa stress serta memperbaiki suasana hati.

Es krim juga terbukti dapat membantu membuat seseorang mengubah mood yang negatif menjadi positif serta membuat mood yang sudah positif menjadi lebih bahagia dan merasa senang. Tampilan dengan rasa yang nikmat itu dapat membuat mood kita semakin baik.

Es krim merupakan salah satu kudapan yang tidak bisa ditolak oleh banyak orang karena selain menyegarkan, es krim juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini