nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Temukan Kebahagiaan di Tempat Wisata ala Travel Blogger Kadek Arini

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 21:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 21 406 2081742 cara-temukan-kebahagiaan-di-tempat-wisata-ala-travel-blogger-kadek-arini-eVgawC2YoE.jpg Kadek Arini (Foto: kadekarini/Instagram)

Kehadiran media sosial turut memengaruhi keinginan seseorang untuk bepergian. Salah satu faktornya mungkin karena ia melihat keindahan sebuah destinasi wisata melalui foto-foto yang tersebar di media sosial. Tidak menutup kemungkinan itu membuatnya ingin juga pergi ke tempat tersebut.

Sebuah penelitian tahun 2014 di University of Alberta menemukan media sosial memiliki peran yang signifikan terhadap dunia pariwisata. Media sosial dengan begitu cepat menjadi cara utama bagi pelaku bisnis wisata untuk terhubung dengan konsumen. Dengan begitu cara mereka berkomunikasi pun berubah.

 Travel blogger

Namun sebenarnya bepergian bukan hanya sekadar untuk berfoto di destinasi wisata yang populer lalu mengunggahnya di media sosial. Ada kebahagiaan tersendiri saat bepergian dan itu berbeda dengan yang dirasakan orang lain. Hal ini diungkapkan oleh travel blogger, Kadek Arini.

"Kebahagiaan setiap orang itu berbeda dan tergantung dari diri sendiri. Mungkin orang lain bisa merasa bahagia saat pergi ke destinasi A, tapi belum tentu hal itu membahagiakan buat diri kita sendiri. Jadi temukan dulu kebahagiaan buat diri sendiri itu kayak gimana, bukan di destinasinya," tutur Kadek.

 Travel blogger

Ditemui Okezone dalam acara diskusi buku dengan tema 'Traveling: A Journey to Broaden Your Perspective' yang diselenggarakan oleh Personal Growth dan Kinokuniya, Sabtu, 20 Juli 2019, Kadek mengatakan kebahagiaan bisa ditemukan saat melihat perbedaan kebudayaan. Dirinya mencontohkan kebiasaan yang ada di Selandia Baru dan India.

"Di New Zealand cara orang menyambut kehadiran orang lain bukan dengan salaman seperti di Indonesia, melainkan saling menempelkan hidung yang merupakan adat dari Suku Maori. Lalu di India, di sana perempuannya ke mana-mana memakai sari yang merupakan pakaian tradisional. Sedangkan menurut kita mungkin itu terlihat aneh," ungkap Kadek.

Perbedaan kebudayaan seperti itu dapat menghasilkan perspektif baru yang mengarah ke kebahagiaan. Mulai dari cara bertoleransi hingga menghargai perbedaan orang.

"Di situlah akan menemukan kebahagiaan dengan menghargai orang lain," tambah Kadek.

 Travel blogger

Dirinya menyarankan agar setiap orang paling tidak sekali seumur hidup pergi ke luar negeri. Dengan begitu bisa melihat jika apa yang orang anggap bahagia belum tentu bahagia buat dirinya.

"Seindah-indahnya Indonesia, bukan berarti kita enggak ke luar negeri. Sebab dengan melihat perbedaan, perspektif dan kebiasaan lain, kita akan menemukan apa yang menjadi kenyamanan untuk diri sendiri," tandas Kadek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini