nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Ragu Pergi Liburan Sendiri? Simak Tips dari Travel Blogger Kadek Arini

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 07:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 21 406 2081746 masih-ragu-pergi-liburan-sendiri-simak-tips-dari-travel-blogger-kadek-arini-Z0adnYf2dW.jpg Travel blogger Kadek Arini (Foto: kadekarini/Instagram)

Pergi liburan sekarang ini tampaknya sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Tak sedikit orang yang secara khusus merencanakan waktu untuk pergi berlibur guna melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Bahkan beberapa ada yang memutuskan untuk pergi seorang diri alias solo traveler.

Namun di sisi lain, ada pula orang yang tidak berani pergi liburan seorang diri karena merasa khawatir. Hal yang sama ternyata pernah dialami oleh travel blogger, Kadek Arini. Perempuan yang sudah mengunjungi sejumlah negara ini pada mulanya sempat merasa takut untuk solo traveler. Namun ada satu hal yang pada akhirnya membuat ia yakin untuk mencobanya.

 Travel blogger

"Waktu itu karena pengin pergi ke suatu negara, menunggu teman tapi enggak jalan, jalan. Alasannya banyak, enggak ada waktu, enggak dapat cuti, belum ada uang, dan lainnya. Akhirnya daripada enggak jadi jadi, yaudah jalan sendiri aja," ujar Kadek saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di Jakarta baru-baru ini.

Setelah mencoba solo traveler, ternyata banyak hal yang bisa didapat oleh Kadek. Salah satunya adalah menemukan banyak pengalaman yang bisa mengubah pandangan hidup, menangani sebuah masalah, dan mengatasi ketidaknyamanan. Selain itu, bagi Kadek solo traveler dapat membuat seseorang belajar untuk berdamai dengan dirinya sendiri.

"Saat solo traveling, kita itu sendiri, enggak bakal ada orang lain yang bantuin kalau ada masalah, karena semua orang adalah orang asing. Di situlah cara kita untuk berdamai dengan diri sendiri, berusaha untuk menemukan cara paling ampuh mengatasi masalah," ungkap Kadek.

 Travel blogger

Bagi orang-orang yang ingin mencoba solo traveler, ada beberapa tips dari Kadek. "Solo traveler itu 50 persen keberanian dan kenekatan, sedangkan 50 persen lainnya persiapan. Sebelum pergi, riset dulu tentang destinasi wisata yang mau dituju. Jangan pas sampai di sana malah bingung mau ngapain," katanya.

Riset yang harus dilakukan terkait liburan meliputi transportasi, akomodasi, aturan, hingga fasilitas umum seperti rumah sakit. Kadek menambahkan, saat bepergian ke luar negeri, penting untuk membeli asuransi perjalanan, termasuk asuransi kesehatan. Bahkan meskipun sudah membawa obat-obatan pribadi.

"Saat pergi kita bisa sakit kapan saja. Biaya berobat di luar negeri itu mahal banget, jadi penting untuk beli asuransi kesehatan," tegasnya.

Di sisi lain, bagi Kadek solo traveling adalah me-time alias meluangkan waktu untuk diri sendiri. Cara tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kejenuhan terhadap rutinitas sehari-hari.

"Saat jalan-jalan sendiri itu kita bisa ngelakuin apapun yang disuka tanpa harus memikirkan orang lain, itulah senangnya," tandas Kadek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini