nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Eksperimen Gunakan Tikus Paling Gila dalam Sejarah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 20:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 21 612 2081737 ini-eksperimen-gunakan-tikus-paling-gila-dalam-sejarah-MskwQ1r28C.jpg Eksperimen dengan Tikus (Foto: Pixabay)

DALAM dunia sains, tikus kerap dijadikan sebagai bahan ujicoba dalam sebuah penelitian. Hal ini dilakukan karena tikus memiliki karakteristik genetic, biologi dan memiliki prilaku mereka yang sangat mirip dengan manusia. Bahkan beberapa gejala yang dialami manusia dapat direplikasi pada seekor tikus.

Alhasil banyak para ilmuwan yang membuat sesuatu hal yang aneh dengan menggunakan tikus sebagai bahan ujicobanya. Bahkan hal gila yang tak masuk akal pun mereka kerjakan dengan bantuan tikus. Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahas mengenai proyek ekperimen gila yang dilakukan dengan media tikus.

1.Kloning tikus dengan darah

 

Para ilmuwan di Jepang berhasil mengkloning seekor tikus menggunakan sel darah yang dikumpulkan dari ekor tikus lainnya. Terbukti tikus kloningan tersebut dapat menjalani kehidupan dengan normal. Metodenya cukup rumit, para ilmuwan harus mengisolasi sel darah putih yang ada dalam ekor tikus dan syarat yang diperlukan dalam eksperimen adalah tikus harus berjenis kelami betina.

2.Tikus dengan ilmu telepati

Ilmuwan menghubungkan otak tikus melalui susunan microelectrodes. Microelectrodes ini yang dimasukkan ke daerah korteks (bagian otak) yang memproses informasi motorik. Salah satu tikus bertindak sebagai encoder dan diterjemahkan ke dalam stimulasi listrik yang disampaikan ke otak tikus kedua. Ilmuwan menyatakan metode ini memiliki tingkat keberhasilan sebesar 70 persen.

3.Tikus glow in the dark

Bukan hanya mainan saja yang bisa menyala dalam gerap. Ilmuwan dari Standford juga berhasil membuat tikus mampu menyala dalam gelap. Caranya dengan menggunakan komponen protein yang menyusun cahaya dalam tubuh kunang-kunang. Tikus ini mampu beraktivitas layaknya tikus pada umumnya, hanya saja umur tikus ini menjadi tidak panjang.

4.Tikus memproduksi susu

Susu sapi mungkin sudah biasa, namun bagaimana ceritanya dengan susu tikus? Ilmuwan Rusia menemukan cara supaya tikus bisa menghasilkan susu untuk manusia. Kandungan lactoferrin yang ada dalam susu tikus dinilai sangat bagus bagi manusia karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini