nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Rendang, 4 Makanan Khas Jawa Ini Jadi Favorit Bule

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 12:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 22 298 2081932 selain-rendang-4-makanan-khas-jawa-ini-jadi-favorit-bule-KyS4oi8u8C.jpg Gudeg. (Foto: Okezone)

POPULARITAS rendang sudah sangat mendunia. Makanan khas Sumatera Barat itu bahkan dicap sebagai makanan paling enak di dunia. Tapi, tahukah Anda kalau makanan khas Jawa juga ada yang mendunia.

Ya, selain rendang, ada empat makanan khas Jawa yang ternyata banyak diincar bule ketika datang ke Indonesia. Apa saja makanan khas Jawa tersebut dan kenapa turis asing menyukainya?

1. Gado-Gado

Makanan yang berisi sayur-sayuran dan bumbu kacang ini ternyata banyak diincar bule.

Makanan yang berisi sayur-sayuran dan bumbu kacang ini ternyata banyak diincar bule. Hal ini dijelaskan Andi Ananto, General Manager Mola Mola Resort Gili Air Lombok, pada Okezone beberapa waktu lalu.

"Tahu tidak kalau bule-bule itu ternyata suka makanan berbumbu kacang, ya, salah satunya itu gado-gado," kata Andi.

Bule-bule yang dimaksud ini antara lain berasal dari Norwegia, Finlandia, Denmark, Iceland, dan Swedia. Mereka, sambung Andi, bahkan bisa sampai 'ngegadoin' bumbu kacangnya saking mereka suka.

Selain gado-gado, makanan berbumbu kacang lain yang disukai para turis mancanegara ini adalah karedok dan pecel. Ya, intinya makanan yang memang bisa diberikan bumbu kacang.

"Tapi, bule ini tidak suka dengan bumbu kacang yang terlalu halus, jadi mereka itu suka dengan bumbu kacang yang diulek langsung bukan dihaluskan dengan alat," papar Andi.

Makanan khas Jawa lainnya yang jadi favorit para bule.

2. Satai

Rasa yang manis juga sepertinya menjadi alasan kenapa bule suka makan satai.

Makanan khas Madura ini pun ternyata menjadi menu yang banyak dipilih turis asing. Mungkin, salah satunya karena adanya bumbu kacang di panganan ini. Selain karena itu, satai juga memiliki banyak varian daging, mulai dari ayam, sapi, hingga kambing. Bahkan, di beberapa wilayah di Jawa ada juga varian satai kelinci atau bahkan keong.

Rasa yang manis juga sepertinya menjadi alasan kenapa bule suka makan satai. Kita tahu kalau bule tidak terlalu suka rasa yang pedas, nah satai dengan bumbu kecap dan cabai tentu bisa memanjakan lidah orang asing. Bukan begitu?

3. Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini ternyata juga banyak dicari bule saat berlibur ke Indonesia.

Makanan khas Yogyakarta ini ternyata juga banyak dicari bule saat berlibur ke Indonesia. Gudeg merupakan olahan makanan yang terbuat dari buah nangka yang dimasak bersama gula palem dan santan. Ini juga yang akhirnya membuat gudeg bercita rasa manis dan gurih.

Siapa sangka, makanan Yogyakarta ini juga mendunia, lho. Banyak warga bule Eropa dan Australia yang menyukai makanan satu ini. Karena banyak bule yang suka, makanya kini muncul gudeg kalengan yang dapat dikirimkan ke luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar. Menarik, ya, makanan tradisional khas Jawa ternyata disukai banyak bule.

4. Tempe

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini ternyata tak kalah populer dibandingkan tiga makanan yang sudah Anda baca sebelumnya.

Makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman dulu. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini ternyata tak kalah populer dibandingkan tiga makanan yang sudah Anda baca sebelumnya.

Tempe cukup populer di kalangan masyarakat asing seperti di Jepang, Korea, dan China. Mereka menyukai rasa tempe yang khas dan makanan ini bisa dioleh menjadi aneka menu masakan yang enak-enak.

So, itu dia makanan khas Jawa yang mendunia. Tentu sebagai orang Indonesia khususnya suku Jawa, empat makanan ini pernah Anda makan. Mulai lapar?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini