nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Bikin Mi Pho, Masakan Vietnam Favorit Presiden Jokowi!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 22 298 2082161 cara-mudah-bikin-mi-pho-masakan-vietnam-favorit-presiden-jokowi-4iVFfmC0Hg.jpeg Lezatnya Mi Pho (Foto: Taste)

Akhir pekan kerap dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Entah itu pergi ke destinasi wisata atau hanya sekadar makan bersama. Hal yang sama turut dilakukan oleh Presiden Jokowi.

 Mi Pho

Minggu malam kemarin, Presiden Jokowi bersama istrinya, Iriana dan anak bungsunya, Kaesang Pangarep mengunjungi sebuah restoran di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Pilihan keluarga ini jatuh ke restoran yang menyajikan makanan khas Vietnam. Ketiganya juga kompak memesan menu yang sama yaitu mi pho.

Mi pho adalah masakan mi kuah sapi yang berasal dari Hanoi dan kemudian terkenal hingga ke seluruh dunia. Biasanya mi yang terbuat dari tepung beras disajikan bersama dengan tauge, irisan daging, dan taburan daun bawang seledri.

Kelezatan dari makanan ini terdapat pada kuahnya yang berisi kaldu kental dan kaya akan rempah seperti jahe, kayu manis, dan bunga lawing, serta ditambah perasan jeruk limau.

Bagi Anda yang penasaran ingin membuat makanan seperti yang disantap oleh keluarga Presiden Jokowi, Okezone telah merangkum resepnya, Senin (22/7/2019). Berikut cara memasaknya :

Bahan:

250 gram kwetiau atau bihun

350 gram daging has dalam (bisa diganti dengan ayam)

1000 cc air yang telah direbus bersama 500 gram tulang iga

2 buah bawang bombay, potong-potong

5 cm jahe, memarkan

2 batang serai, memarkan

2 cm kayu manis

1 buah pekak

1 buah wortel, potong-potong

2 sendok makan kecap ikan

2 sendok teh garam

1 sendok teh penyedap rasa (jika suka)

½ sendok teh kaldu sapi

½ sendok teh lada bubuk

 

Pelengkap:

150 gram tauge

1 buah cabai merah, iris halus

1 buah jeruk limau

1 sendok makan daun mint, iris halus

Daun ketumbar secukupnya

Cara membuat :

1. Rebus kwetiau atau bihun dengan air mendidih hingga dirasa cukup matang, kemudian tiriskan.

2. Lalu tumis bawang bombay hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Lalu tambahkan jahe, serai, kayu manis, buah pekak, daging, wortel, dan air secukupnya. Masak dengan api kecil, biarkan hingga air mendidih dan meresap.

3. Sambil menunggu, pisahkan air kaldu yang telah direbus dengan tulang iga. Kemudian didihkan lagi, tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera.

4. Letakkan kwetiauw atau bihun yang telah direbus ke dalam mangkuk. Siram dengan air kaldu dan kecap ikan.

5. Tambahkan bahan pelengkap (tauge, irisan daging, cabai merah, daun mint) di atas kwetiau atau bihun. Mi pho siap disajikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini