nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pita Suara Aska Rocket Rockers Rusak Akibat Sering Minum Kopi, Ini Penjelasan Dokter!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 481 2082109 pita-suara-aska-rocket-rockers-rusak-akibat-sering-minum-kopi-ini-penjelasan-dokter-3NO93wW10F.jpg Pita suara Aska Rocket Rocker rusak akibat sering minum kopi (Foto : Lydia/Okezone)

Aska Rocket Rockers mengalami masalah dengan pita suaranya. Hal itu terjadi akibat seringnya dia minum kopi setiap hari. Karena kondisi tersebut, Aska harus puasa bicara.

Menurut penjelasannya pada awak media belum lama ini, kebiasaan minum kopi lebih dari satu gelas per hari sudah dia jalani sejak Aska membuka kedai kopi sendiri. Usaha tersebut yang kemudian membuat dia jadi rutin minum kopi. Tapi, karena itu dia mesti menanggung risikonya.

"Sering banget (minum kopi) sampai pita suara saya rusak. Ada hubungan ternyata, kalau ngopi asam lambung bisa naik dan rusakin pita suara. Baru puasa ngomong seminggu sambil berobat. Kemarin baru boleh ngomong," ungkap Aska belum lama ini.

Karena kondisi tersebut, Aska mengaku kini dirinya belajar banyak dari pengalaman. Jadi, nggak cuma bicara soal cita rasa dari kopi itu, tetapi harus tahu manfaat dan sebagainya. Selain itu, bahannya apa, atau baiknya diminum kapan.

aska hobi ngopi

Dari pengalaman Aska ini, Okezone coba mengonfirmasi pada Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menurutnya benar kopi bisa menyebabkan kondisi yang dialami vokalis Rocket Rockers itu.

Namun, yang perlu digarisbawahi di sini, minum kopi tidak kemudian menjadi penyebab satu-satunya seseorang mengalami masalah dengan pita suara.

"Seseorang bisa mengalami masalah pita suara, alasannya multi faktor dan kopi jadi faktor yang bisa memperburuk keadaan pasien tersebut," terang dr Ari pada Okezone, Senin (22/7/2019).

Lantas, kenapa kopi bisa menjadi faktor yang mampu memperburuk kondisi kerusakan pita suara?

Dokter Ari menjelaskan, ini berkaitan dengan peningkatan asam lambung yang bisa disebabkan oleh konsumsi kopi. Terlebih, jika dilihat dari penuturan Aska, sambung dr Ari, dia konsumsi kopi lebih dari sekali dalam sehari.

"Mengonsumsi kopi berlebihan itu dapat menyebabkan kerusakan pada pita suara (laringitis) dan saluran pernapasan bawah," terangnya.

secangkir kopi

Dokter Ari menyatakan, apa yang dilakukan Aska untuk meminimalisir masalahnya sudah tepat. Satu hal yang pastinya mesti dia terapkan ialah jangan minum kopi dulu dalam waktu dekat ini. Selain itu, istirahat bicara juga direomendasikan.

"Upaya lain bisa tidak merokok, minum alkohol, jangan mengonsumsi makanan yang asam dan pedas, atau juga makanan yang mengandung cokelat. Kondisi rusak pita suara bisa diatasi asal pasien disiplin dalam menjalani pengobatannya," tambah dr Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini