nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terapkan Sedentary Lifestyle, Anak Milenial Jangan Malas Check-Up Kesehatan!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 20:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 481 2082154 terapkan-sedentary-lifestyle-anak-milenial-jangan-malas-check-up-kesehatan-XxRkla5uW5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu cara untuk menjaga kesehatan adlaah dengan memeriksakan tubuh Anda secara rutin. Sayangnya, saat ini masih banyak anak milenial enggan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

Akibatnya, banyak penyakit mengintai generasi muda sekarang di kemudian hari. Mulai dari ancaman serangan jantung, kanker, osteoporosis, sampai penyakit ganas lainnya yang tergolong silent killer.

Padahal, kehidupan generasi millenial yang sangat dinamis dengan segudang aktivitas bisa membawa mereka dalam gaya hidup yang tidak sehat. Sekalinya konsultasi ke dokter, tahu-tahu divonis penyakit ganas. Tentunya hal itu harus dihindari, daripada menyusahkan diri sendiri dan keluarga.

Diakui Dokter Endokrin dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, FES, anak muda hidupnya cenderung sedentary lifestyle. Apalagi buat para pekerja, yang hidupnya siang-malam selalu sibuk.

Tentunya hal itu harus dihindari, daripada menyusahkan diri sendiri dan keluarga.

"Anak muda sering terjebak dengan gaya hidup tidak sehat, dari mulai berangkat pagi, sampai kantor tidak banyak bergerak, pulang sore stres, sampai tidur malam pun masih buruk. Kalau begitu terus, penyakit metabolik bisa muncul dalam dua tahun," ucapnya ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Senada, Communications Manager Prodia Reskia Dwi Lestari Marketing mengatakan, banyak milenial saat ini mengabaikan cek kesehatan secara rutin. Tapi, berbeda halnya dengan mereka yang memang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu, malah rajin cek kesehatan.

"Banyak anak muda yang mengatakan tidak perlu rutin check up, tergantung kebutuhan karena merasa baik-baik saja dan takut akan hasil, terlebih tidak ingin mengganti kebiasaan selama ini,” kata Reskia.

Menurutnya, anak muda seharusnya rutin melakukan cek kesehatan 6 bulan sekali, supaya mengetahui kondisi fisik dan riwayat kesehatan dirinya. Dia pun menantang generasi milenial usia 25-35 tahun untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Dalam kehidupan sehari-hari, menurut Reskia, harus diseimbangkan dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga 30 menit sehari agar tubuh lebih fit. Tak cukup itu, Anda harus mencukupi kebutuhan air putih di dalam tubuh.

Kebiasaan ini harus diingat-ingat agar tidak memicu gangguan kesehatan. Apalagi serangan penyakit ganas yang mengintai anak muda zaman now, tentu harus dicegah sejak dini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini