nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuitan di Twitter Dianggap Rasis, Kathy Zhu Harus Rela Gelar Ratu Kecantikan Dicopot

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 23 194 2082523 cuitan-di-twtitter-dianggap-rasis-kathy-zhu-harus-rela-gelar-ratu-kecantikan-dicopot-g7UHcfMj4F.jpeg Kathy Zhu harus rela gelar ratu kecantikan dicopot karena dituding rasis (Nypost)

Mendapatkan gelar ratu kecantikan sudah pasti menimbulkan rasa bangga dalam diri seorang perempuan. Tapi apa jadinya jika gelar tersebut dicabut tak lama setelah disematkan? Bisa jadi menimbulkan perasaan malu, kecewa, atau bahkan marah. Hal inilah yang tampaknya terjadi pada Kathy Zhu.

Dirinya belum lama ini dianugerahi gelar Miss Michigan yang merupakan bagian dari Miss World America. Namun gelar ratu kecantikan tersebut dicopot sehari setelah diberikan. Kathy Zhu dianggap telah bersikap rasis melalui cuitan di akun Twitter-nya beberapa waktu lalu.

Melalui cuitan pula dirinya mengumumkan pencopotan gelar.

"Chief Director Miss World America Negara Bagian/Nasional menuduh saya rasis, Islamaphobia, dan tidak peka. Mereka mencopot gelar Miss Michigan saya karena telah menolak mencoba hijab pada tahun 2018, tweet saya tentang kulit hitam pada kekerasan senjata hitam, dan tweet statistik 'tidak sensitif'," tulis Zhu seperti yang Okezone kutip dari CBS News, Selasa (23/7/2019).

tweet rasis

Perempuan berusia 20 tahun yang masih menjadi mahasiswa di University of Michigan itu turut mengunggah foto berisi surat keputusan pencopotan gelar ratu kecantikan dirinya. Surat tersebut dikirim oleh Direktur MWA Michigan, Laurie DeJack kepada Zhu melalui email. Isi surat tersebut adalah :

"Telah menjadi perhatian Miss World America bahwa akun media sosial Anda mengandung konten yang menyinggung, tidak sensitif, tidak pantas, dan melanggar Aturan dan Ketentuan MWA, khususnya persyaratan kontestan untuk 'memiliki karakter yang baik'. Dengan latar belakang tersebut, Anda tidak mungkin menjadi Miss World America. Oleh karena itu, dan segera berlaku, MWA tidak mengenali Anda sebagai peserta dalam bentuk apa pun atau dalam kapasitas apa pun yang terkait dengan setiap dan semua acara MWA. Lebih jauh, biarkan komunikasi ini berfungsi sebagai pemberitahuan resmi untuk menghilangkan penyebutan diri Anda sebagai peserta dalam MWA dari semua platform media sosial (termasuk foto-foto Anda mengenakan selempang dan / atau mahkota MWA Michigan, dan teks apa pun yang mengaku sebagai peserta MWA peristiwa)."

kathy rasis

Mendapat keputusan seperti itu, Zhu memiliki tanggapan tersendiri. "Saya telah melihat ini terjadi sebelumnya. Tidaklah adil untuk berprasangka terhadap orang-orang yang hanya memiliki pandangan politik berbeda denganmu," ungkap perempuan yang merupakan pendukung Donald Trump itu.

Sayang, hingga saat ini perwakilan dari Miss World America belum memberikan komentar lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini