nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Anak Nasional 2019, 5 Sosok Muda asal Indonesia Ini Torehkan Prestasi Tingkat Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 09:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 23 196 2082371 hari-anak-nasional-2019-5-sosok-muda-asal-indonesia-ini-torehkan-prestasi-tingkat-dunia-rnhxrNwp4z.jpg Kakak beradik Syahrozad dan Avicenna (Foto: Okezone)

Tak hanya orang dewasa, anak-anak Indonesia juga memiliki prestasi yang sangat membanggakan. Beberapa di antara mereka bahkan berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi di kancah internasional.

Hal ini membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa (23/7/2019), berikut Okezone rangkumkan 5 anak Indonesia yang punya prestasi di luar negeri.

1. Joey Alexander

 Anak Indonesia

Nama Joey Alexander sempat menghebohkan Tanah Air saat ia tampil di acara bergengsi Grammy Award 2016. Tidak hanya itu, Joey juga menjadi nominator termuda lewat lagu Giant Steps yang diambil dari album perdananya 'My Favorite Things'. Ia mendapatkan nominasi untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental. Meski pada saat itu Joey masih berusia 12 tahun, namun ia berhasil menghipnotis tamu undangan dan mendapatkan standing ovation.

2. Hibar Syahrur

 Anak Indonesia

Prestasi membanggakan lain berhasil ditorehkan siswa SMPN 1 Bogor Hibar Syahrul. Ia sukses mendapatkan mendali emas di ajang International Exhibition of Young Investor di Malaysia. Dalam kompetisi tersebut, Hibar mempresentasikan hasil karyanya berupa sepatu bertegangan 450 volt yang bisa digunakan untuk membuat para pelaku kejahatan seksual jera. Sepatu itu memang sengaja ia ciptakan untuk melindungi kaum hawa mengingat tingkat pelecehan seksual di Indonesia relatif tinggi. Tak heran bila karya Hibrar berhasil menarik perhatian para dewan juri.

3. Perdana Putra Minang

 Anak Indonesia

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Rio Haryanto. Pembalap muda itu memang sempat menarik perhatian publik setelah menjadi perwakilan Indonesia di kompetisi F1 pada 2016 lalu. Setelah Rio, kini ada lagi pembalap muda berbakat kelahiran tahun 2001. Dia adalah Perdana Putra Minang. Bersama Red White Racing Team, Putra berhasil menjuarai berbagai kompetisi Gokart antara lain, Juara II Copa Trofeo Griffone, Juara 1 Kelas Junior Asia Max Challenge (AMC), dan tampil di Sarno International Karting Circuit, Napoli, Italia pada tahun 2012 lalu.

4. Salman Trisnadi Wijrasena

 Anak Indonesia

Di dunia robotic ada Salman Trisnadi Wijrasena yang berhasil meraih juara satu untuk kategori Creative Design pada olimpiade robotic 2015 di Korea Selatan. Menariknya, pada saat itu Salman baru saja naik dari TK ke SD. Untuk meningkatkan skillnya, kini Salman sedang rutin mengikuti ekskul robotic di sekolahnya. Kecil-kecil cabe rawit ya, Okezoners!

5. Syahrozad Nalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik

 Anak Indonesia

Sama seperti Salman, kakak beradik Nadia dan Avicenna juga berhasil menorehkan prestasi membanggakan saat menjuarai Asian Youth Robotic Olympiade (AYRO) di Singapura. Nadia yang pada saat itu berusia 9 tahun dan Avicenna 6 tahun, mendapatkan Gold Prize medal brick Speed, Gold Prize Medal, Silver Prize Medals Maze Solving Junior, dan Bronze Medal Aerial Robotic Junior. Keduanya kini sedang menempuh pendidikan di Madrasah Pembangunan UIN.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini