nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Jadi Selebgram, Ini Dampak Psikologis yang Bakal Dirasakan si Kecil

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 23:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 23 196 2082742 anak-jadi-selebgram-ini-dampak-psikologis-yang-bakal-dirasakan-si-kecil-04yC9KXbBb.jpg Selebgram cilik (Foto: Cafemom)

ZAMAN sekarang ini anak tidak perlu menjadi artis bila ingin terkenal. Nama mereka bisa populer di masyarakat hanya melalui media sosial seperti Instagram dan mendapat sebutan selebgram. Di Indonesia ada beberapa selebgram yang mencuri perhatian. Sebut saja Moonella, Tatan, Kirana, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar selebgram cilik itu terkenal lantaran orangtua mereka mengunggah tingkah lakunya yang menggemaskan di media sosial. Beberapa orangtua mungkin ada yang menginginkan hal serupa sehingga memiliki pikiran untuk membagikan tingkah laku anaknya juga. Akan tetapi, sebelum para orangtua melakukan hal itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 baby moonella

Menjadikan anak sebagai sosok yang populer di kalangan masyarakat sudah pasti membawa dampak psikologis kepadanya. Anak bisa jadi merasa stres karena mungkin dipaksa oleh orangtua menjadi artis atau selebgram. Penyebabnya lantaran mereka tidak menikmati dan tidak menyukai dengan kegiatan yang dilakukan saat terkenal.

“Anak bisa jadi tidak siap dengan publisitas yang dialaminya. Mereka jadi susah memiliki privasi, belum lagi jika mungkin ada komentar-komentar negatif yang diterimanya di media sosial, ditambah berita negatif, dan lainnya,” ungkap psikolog Jane Cindy Linardi, M.Psi, CGA mengomentari femonema selebgram cilik saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Selasa (23/7/2019).

Psikolog yang berpraktek di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya itu menambahkan, berita dan komentar negatif yang diterima anak bisa menjadi bahan ejekan oleh teman-teman anak di sekolah. Hal itu tentunya bisa membuat anak menjadi korban bully secara verbal. Lagi-lagi hal ini memberikan efek negatif karena kemungkinan anak enggan untuk sekolah dan bertemu dengan orang lain.

Oleh karenanya, bagi orangtua yang ingin menjadikan anaknya sosok terkenal, mereka harus benar-benar mempersiapkan mental anak. Orangtua perlu memastikan apakah anaknya ingin juga menjadi artis atau selebgram. Selain itu, orangtua juga harus melihat apakah anaknya akan menikmati pekerjaan yang akan dilakukan nantinya.

“Orangtua tidak bisa mencegah dampak-dampak negatif yang bisa terjadi pada anaknya saat terkenal. Mulai dari publisitas yang menghilangkan privasi anak, komentar-komentar negatif di medsos, dan pemberitaan negatif. Oleh karenanya perlu dipikirkan dan dipertimbangkan dengan matang,” tandas Jane.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini