nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Bugar Jokowi, Minum Jamu Racikan Sendiri

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 09:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 23 481 2082353 rahasia-bugar-jokowi-minum-jamu-racikan-sendiri-Lg1eCUaJ2O.jpg Jokowi minum jamu (Foto: jokowi/Instagram)

Pagi ini, Selasa (23/7/2019), Presiden Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi membagikan video singkat di media sosial. Dalam video tersebut, dia membeberkan rahasia tubuh bugarnya.

Berdasar curhatan Jokowi yang dia rekam sendiri, dia setiap pagi selama 18 tahun belakangan selalu minum jamu yang dibuat sendiri. Jamu tersebut dia racik sedemikian rupa sehingga menjadi minuman favorit dalam memulai aktivitas.

 Pria minum jamu

Jamu yang dipilih Jokowi itu merupakan campuran dari temulawak, jahe, dan kunyit. Sang presiden pun tidak lupa membagikan cara membuatnya.

"Jadi, jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dan dirajang-rajang, begitu juga dengan kunyitnya. Setelah itu diseduh dengan air panah, diaduk, dan disaring, jamu siap diminum," katanya dalam video singkat tersebut.

Pria minum jamu

Jahe, temulawak, dan kunyit juga memiliki khasiat masing-masing yang sangat berguna untuk tubuh. Jahe bisa mengatasi peradangan dalam tubuh dan kulit, temulawak dapat membantu meredakan kelelahan otot, sedangkan kunyit dapat menghambat radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Sudah menjalani ritual minum jamu ini sejak 18 tahun yang lalu, khasiat yang dirasakan Jokowi adalah tubuhnya selalu fit dan bugar. Itu juga yang menjadi penyemangat pagi sebelum melakukan aktivitas.

Menariknya, dalam video ini Jokowi seperti melakukan atraksi makan dan minum ala food vlogger. Ya, dia meminum jamu tersebut di depan kamera dan endingnya dia sedikit beri "drama" dengan memperdengarkan suara "glek, ah". Lucu, deh!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini