nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khasiat Minum Jamu dengan Bahan Racikan Presiden Jokowi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 23 481 2082359 khasiat-minum-jamu-dengan-bahan-racikan-presiden-jokowi-JVtWuv0Lya.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pagi ini mengunggah sebuah video di mana dirinya meminum jamu racikannya sendiri. Ada tiga jenis rempah yang dicampur Jokowi dalam satu gelas jamunya, yaitu jahe, temulawak, dan kunyit.

Ketiga bahan yang diracik Jokowi tersebut ternyata memberi manfaat yang berbeda-beda pada tubuh. Berikut Okezone rangkum khasiatnya untuk Anda:

1. Jahe

Dalam buku berjudul "Buku Pintar Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" karya Dr. Nadiah Thayyarah, Allah SWT berfirman, "Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya ialah jahe." (QS Al-Insan: 17), yang berarti ada minuman yang dicampur dengan jahe, seperti yang disebut dalam Tafsir Al-Qurthubi.

Dari firman ini juga kita bisa tahu kalau ada baiknya jahe itu dikonsumsi langsung atau dicampurkan dengan minuman lain seperti teh atau susu. Beberapa sumber menjelaskan kalau sebaiknya tidak mengonsumsi jahe dalam bentuk bubuk karena ini bisa menyebabkan peradangan pada kerongkongan atau lambung.

 Jamu

(Foto: Shutterstock)

Jahe dikenal sebagai salah satu obat anti mual yang ampuh untuk ibu hamil. Rasa mual itu bisa ditahan dengan kasiat yang ada di dalam jahe dan tentunya ini juga baik untuk mereka yang mual selama puasa. Jadi, dengan minum jahe ketika berbuka, niscaya rasa mual tersebut akan hilang.

Selain anti mual, penelitian di Brazil menjelaskan jahe terbukti ampuh mengatasi peradangan dalam tubuh dan kulit. Jahe juga dipercaya mampu mengontrol kadar kolestrol yang tinggi.

Dalam penelitian sebelumnya, dengan mengonsumsi jahe, diketahui terjadi penurunan kadar kolesterol 27% dan lemak juga turun hingga 29%. Studi ini melihat jahe dapat menguragi gumpalan trombosit darah yang bisa berakibat munculnya penyakit jantung koroner.

Lebih lanjut, penelitian ilmiah juga mengungkapkan kalau jahe ini baik untuk pencernaan tubuh. Bahkan, mereka yang mengalami masalah lambung saat berpuasa, dengan mengonsumsi minuman jahe, sensasi gastritis dalam usus berkurang. Dengan mengonsumsi jahe, toksin dalam tubuh akan terbuang bersamaan dengan feses saat buang air besar.

Manfaat lain yang sangat berdampak pada kondisi tubuh berpuasa adalah mengurangi gejala flu. Jahe dipercaya mampu melawan virus influenza dan ini berarti minuman tersebut mampu memperkuat antibodi tubuh juga.

2. Temulawak

Kemudian, manfaat dari temulawak yang dikonsumsi Jokowi ialah memperlancar proses pencernaan, mengatasi arthritis, menjaga kesehatan fungsi jantung, mencegah kanker, meningkatkan nafsu makan, baik untuk ibu menyusui, obat sakit ginjal, meredakan peradangan, meredakan kelelahan otot, membantu melancarkan usus, detoksifikasi, mempercepat pemulihan kesehatan tubuh, hingga membantu proses metabolik.

Tidak hanya itu, temulawak juga baik untuk meredakan asma, mengobati maag, meredakan mual, sebagai antioksidan, meredakan sakit kepala dan masuk angin. Bahkan temulawak juga baik untuk menghilangkan komedo. Temulawak juga mampu meningkatkan mood, mengatasi insomnia, meredakan batuk, mengatasi sembelit, mengatasi batu empedu, dan meringankan nyeri saat haid.

 Jamu

(Foto: Utami Riyani/Okezone)

3. Kunyit

Sementara itu, manfaat dari kunyit ialah memberikan efek antioksidan yang baik untuk tubuh. Kunyit juga dipercaya mampu menangkal penuaan dini. Sebab, kunyit mampu menghambat radikal bebas masuk ke tubuh.

Selain itu, kunyit juga dipercaya bisa menjadi perisai tubuh dalam melawan virus penyakit. Dengan begitu, kekebalan tubuh akan semakin kuat dan Anda jadi tidak mudah sakit.

Yuk ikutan gaya hidup sehat Jokowi ini. Selain mudah dibuat, jamu khas Jokowi juga mudah ditemukan bahan-bahannya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini