2 Tahun Jadi Vegan Kaka Slank Merasa Lebih Sehat, Apa Manfaat Diet Vegan?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 23 481 2082745 2-tahun-jadi-vegan-kaka-slank-merasa-lebih-sehat-apa-manfaat-diet-vegan-EfYhPoxGna.jpg Kaka Slank jalani diet vegan (Foto : Okezone)

Tak banyak yang tahu bahwa saat ini Kaka Slank telah menjadi vegan. Keputusan Kaka untuk menjalani diet vegan tidak terlepas dari masa lalunya yang kelam. Ia memang sempat terjerumus ke lubang hitam sebagai pecandu narkoba.

Berawal dari pengalaman tersebut, Kaka memutuskan untuk menjadi vegan setelah berulang kali jatuh sakit. Ia pun berkonsultasi kepada dokter dan beberapa rekan yang telah lebih dulu menerapkan diet vegan. Setelah dua tahun menjadi vegan, Kaka mengaku kesehatannya menjadi lebih baik. Ia bahkan berhasil menghentikan kebiasaan merokok.

Okezone pun tertarik untuk mengulik manfaat kesehatan diet vegan. Yuk simak langsung ulasan lengkapnya di bawah ini. Dilansir dari Healthline, Rabu (24/7/2019).

Membantu menurunkan berat badan

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa vegan cenderung lebih kurus dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada non vegan. Selain itu, beberapa studi menyebutkan pola makan vegan lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan pola makan lainnya. Diet vegan digadang-gadang mampu mengurangi berat badan partsipan sekitar 4.2 kg. Fakta ini diketahui setelah peneliti mengontrol diet tersebut dalam kurun waktu 18 minggu.

kaka slank

Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi ginjal

Diet vegan juga diklaim dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penurunan fungsi ginjal. Data yang dikeluarkan oleh American Diabetes Association (ADA), American Heart Association (AHA), dan National CHolesterol Education Program (NCEP), menyebutkan bahwa diet vegan mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sebuah penelitian juga berhasil mengumpulkan fakta terbaru, di mana sekira 43% responden yang menerapkan diet vegan mampu mengurangi dosis obat untuk menurunkan gula darah mereka.

Melindungi dari penyakit kanker tertentu

WHO melaporkan sekitar sepertiga dari seluruh jenis kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk diet vegan. Misalnya mengonsumsi legum secara teratur dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sekitar 9%-18%. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengongumsi tuju porsi buah dan sayuran segar setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker hingga 15%.

diet vegan

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan serat juga diklaim dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi telah membandingkan diet vegan dengan vegetarian. Mereka menyebut para pelaku diet vegan memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi lebih rendah hingga 75%. Diet vegan juga digadang-gadang dapat mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung hingga 42%.

Mengurangi rasa sakit akibat artritis

Beberapa penelitian melaporkan bahwa pola makan vegan memiliki efek positif pada penderita radang sendi. Sebuah studi meneliti 40 peserta penderita rematik yang diminta untuk menerapkan diet vegan selama 6 minggu. Hasilnya, mereka mengklaim lebih bugar dan rasa sakit akibat rematik pun berkurang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini