nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Korban Cyber Bullying, Maudy Ayunda Curhat: Badan Aku Dibilang Kayak Tripleks

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 24 612 2083148 jadi-korban-cyber-bullying-maudy-ayunda-curhat-badan-aku-dibilang-kayak-tripleks-iXUNK5xjr5.jpg Maudy Ayunda. (Foto: Instagram)

MEDIA sosial memang menjadi tempat banyak orang menghabiskan waktu, baik untuk mencari waktu atau hanya iseng melepas stres. Tapi, tidak jarang banyak komentar para netizen yang malah berisi bullyan, seperti yang terjadi pada Maudy Ayunda.

Karenanya, Maudy Ayunda pun berbagi cerita di instagram pribadinya. Dalam video berdurasi singkat itu, Maudy mengatakan bahwa selama ini ia kerap mendapatkan komen-komen negatif dari para netizen yang secara tidak langsung membuatnya menjadi merasa insecure.

"Aku lagi di tengah photoshoot, terus lagi scrooling di Instagram. Aku baru diingatkan lagi ternyata ada orang yang menuliskan komentar little bit mean, di mana beberapa di antaranya menjurus ke arah beauty bullying, seperti body shaming," tutur Maudy.

Ia kemudian memberikan beberapa contoh bentuk body shaming yang diterimanya dari sejumlah netizen. Seperti saat ia mengunggah sebuah foto selfie. Maudy mengaku selalu ada netizen yang mengomentari bentuk wajahnya.

Ada yang bilang bentuk kelopak matanya kecil sebelah (tidak seimbang), ada juga netizen yang mengomentari bentuk gigi kelinci Maudy. Begitu pula saat Maudy mengunggah foto OOTD (outfit of the day), tak sedikit netizen yang mengomentari postur tubuhnya.

"Ada yang bilang badan aku gepeng banget kayak triplek. Herannya komentar seperti itu mendapat banyak like dari netizen lain," tambah Maudy Ayunda.

Sampai saat ini, Maudy pun masih bertanya-tanya apa maksud dan tujuan orang-orang yang memberikan komentar negatif di media sosial. Apakah mereka merasa lebih puas bila sudah merendahkan orang lain?

"Mungkin kata-kata seperti dianggap sederhana, tapi sebenarnya bisa sangat menyakitkan atau mengganggu orang yang menerima pesan tersebut," tegas Maudy.

Bagi Maudy sendiri, kata-kata itu tidak sampai membuatnya jatuh terpuruk atau merasakan kesedihan yang mendalam. Namun ia tidak memungkiri bahwa pada momen-momen tertentu komentar negatif dari para netizen menimbulkan beban pikiran tersendiri.

"It makes me overthink. Aku jadi mempertanyakan diri aku sendiri. Sesuatu yang tadinya aku embrace as some thing as i love about myself, jadi sesuatu yang ternyata mengganggu juga buat orang lain. Kadang-kadang membuat aku insecure juga," ujarnya.

Lebih lanjut, Maudy mengatakan bahwa ia tidak bisa membayangkan bagaimana bila komentar-komentar tersebut diterima oleh orang lain di luar sana. Melawan bullying itu memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Bila tidak ditangani dengan tepat justru akan menjadi rasa takut yang akan terus menghantui mereka. Lambat laun hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan mental.

"Aku lagi pengen mengangkat isu ini karena ini penting banget dan cukup sering terjadi di media sosial. Sebetulnya tidak sehat juga untuk kesehatan mental kita," pungkas Maudy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini