nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepatu Nike Produksi 1972 Dilelang dengan Harga Rp6,1 Miliar

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 25 194 2083504 sepatu-nike-produksi-1972-dilelang-dengan-harga-rp6-1-miliar-v2WRNCxxlV.jpg Sepatu Nike dilelang (Foto: Theguardian)

SEBAGAI salah satu brand sepatu ternama, Nike cukup memiliki banyak penggemar. Tak sedikit orang yang gemar mengoleksi sepatu dari brand tersebut. Bahkan meskipun sepatu yang diincar ada dalam forum pelelangan harganya cukup mahal.

Baru-baru ini, sepatu lari Nike di pelelangan Sotheby berhasil terjual dengan harga USD 437.500 atau setara dengan Rp6,1 miliar. Harganya terbilang fantastis untuk ukuran sepatu yang diproduksi pada tahun 1972 dan bergaya vintage. Sepatu tersebut merupakan bagian dalam seri ‘Moon Shoes’ yang terinspirasi dari Back to the Future Part II.

Melansir The Guardian, Kamis (25/7/2019), Nike ‘Moon Shoes’ dirancang oleh salah satu pendiri brand tersebut yang juga pelatih lari, Bill Bowerman. Pada awalnya produksi sepatu ditujukan untuk uji coba Olimpiade 1972. Selain itu, sepatu juga hand made sehingga desain dan polanya tidak sama dengan yang lain.

Sepatu Nike

Sebenarnya ada 12 sepatu di seri ‘Moon Shoes’, hanya saja sebelas sepatu lainnya sudah dalam kondisi tidak layak pakai. Beruntung masih ada satu pasang sepatu yang tidak rusak sehingga bisa dilelang melalui Sotheby. Pelelangan terjadi atas kerja sama dengan pasar barang streetwear, Stadium Goods. Setidaknya ada 100 pasang sepatu olahraga paling langka yang pernah diproduksi yang dilelang.

Menurut data, hasil pelelangan Nike ‘Moon Shoes’ telah memecahkan rekor yang ada. Sebelumnya tercatat sepatu yang paling mahal dilelang adalah sepasang sepatu Converse yang ditandatangani dan dipakai oleh Michael Jordan pada final basket Olimpiade 1984. Sepatu tersebut berhasil dilelang dengan harga USD 190.373 atau setara dengan Rp2,6 miliar pada 2017 lalu.

Sotheby mengatakan, Nike ‘Moon Shoes’ dibeli oleh investor Kanada dan kolektor mobil, Miles Nadal. Kolektor tersebut telah menghabiskan biaya sebesar USD 850 ribu atau setara Rp12,2 miliar untuk membeli 99 pasang sepatu koleksi langka atau terbatas yang dilelang. Menurutnya, mengoleksi sepatu langka memiliki arti tersendiri karena termasuk artefak sejarah olahraga dan budaya pop.

"Saya pikir budaya sepatu sneakers dan koleksi cukup baik. Saya berencana untuk memamerkan Nike ‘Moon Shoes’ bersama 99 pasang sepatu lain yang telah saya peroleh dalam pelelangan di di museum mobil pribadi di Toronto,” ujarnya.

Sekadar informasi, Nadal telah mengumpulkan sepatu edisi terbatas Back to the Future Part II versi 2011 dan 2016 yang dibuat oleh Nike. Sepatu-sepatutersebut terinspirasi dari film 1989 yang dibintangi Michael J Fox. Dirinya juga memiliki sepatu kets edisi terbatas yang diproduksi oleh Adidas, Air Jordan, dan koleksi rapper Yeezy Kanye West .

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini