nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada 4 Jenis Teh Indonesia, Apa Saja Ya?

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 25 298 2083541 ada-4-jenis-teh-indonesia-apa-saja-ya-lCu97efBrp.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Meminum teh saat ini memang tidak sepopuler dengan kopi. Hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat yang belum tahu, sebenarnya cukup beragam jenis teh yang ada di Indonesia. Karakteristiknya pun berbeda-beda.

Dalam acara Food and Hotel Indonesia baru-baru ini, Tea Master Ratna Somantri menjelaskan ada beberapa jenis teh di Indonesia, yaitu teh putih, teh oolong, dan teh hitam. Berbeda dengan di China yang memiliki yellow dan dark tea.

Berikut Okezone rangkum jenis teh yang ada di Indonesia:

1. Teh putih

 Teh

Teh putih adalah teh yang tidak ada proses oksidasi dengan sengaja. Karakternya lembut sekali. teh putih terkenal dibuat dari pucuk daun teh yang belum membuka. Harganya mahal karena produksinya yang terbatas.

2. Teh hijau

Teh

Green tea atau teh hijau adalah teh yang tidak ada proses oksidasi. Ada yang punya karakter nutty, ada yang umami. Lebih lanjut Ratna menjelaskan, Nutty itu seperti kacang-kacangan. Sedangkan Umami itu istilah yang banyak dipakai di teh.

3. Teh oolong

Teh

Sedangkan teh yang satu ini adalah teh yang oksidasinya sebagian. Jika oksidasinya tidak banyak, karakternya lebih mirip ke green tea. Tetapi Jika lebih kuat oksidasinya, karakternya hampir mirip dengan teh hitam.

4. Teh hitam

Teh

Teh yang satu ini adalah teh yang oksidasinya hampir 100%. Menurut Ratna Somantri, oksidasi akan mengubah catechin dalam daun teh menjadi teaflavin dan thearubigin yang memberi warna coklat kemerahan pada teh hitam. Maka dari itu jika teh putih dan green tea warnanya kuning atau kuning kehijauan, sedangkan teh hitam coklat kemerahan.

Meskipun memiliki karakter rasa yang berbeda-beda, namun mayoritas orang Indonesia lebih menyukai jenis teh hitam dan jasmine tea.

"Sedangkan orang Eropa, seperti Inggris dan Rusia, lebih menyukai teh hitam. Orang China, Jepang, Korea, lebih menyukai teh yang memiliki karakter nutty, seperti green tea, selanjutnya USA masih dominan menyukai teh hitam," ujar Ratna.

Teh-teh tersebut didapatkan dari tanah Indonesia sendiri. Mayoritas teh diproduksi di daerah Jawa Barat. Lebih lanjut Ratna menjelaskan, daerah penghasil teh di Indonesia berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogja, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Bali.

Sayangnya tren teh di Indonesia belum semarak dengan kopi. Hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat yang belum mengenal lebih dalam tentang teh.

"Harus ada upaya komunikasi kepada publik bahwa teh tidak melulu berat, tetapi juga bisa fun dan kekinian. Misalnya tropical green tea, tea Latte, early grey with bubble gum syrup, manggo lime mint iced tea, dan masih banyak lagi," pungkas Ratna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini