nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp8 Juta, Netizen Auto-Nyinyir

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 10:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 25 612 2083340 viral-fresh-graduate-tolak-gaji-rp8-juta-netizen-auto-nyinyir-8NKLLJiDVA.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

POSTINGAN dari seseorang yang mengaku lulusan baru (fresh graduate) Universitas Indonesia (UI) yang isinya kekecewaan ditawar gaji Rp 8 juta menuai polemik di media sosial. Postingan itu pun kini viral dan jadi trending topik di Twitter.

Kasus ini mencuat dua hari yang lalu. Akun Twitter @askmenfess yang membagikan ulang ke jejaring sosial. Dalam postingan itu, netizen yang akunnya masih belum diketahui tersebut menulis kalimat seperti ini:

"Jadi tadi gue di undang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahaan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok," begitu bunyi postingan Instastory yang viral itu.

Postingan tersebut kemudian menuai polemik. Banyak netizen yang menilai kalau pemilik status tersebut tidak tahu bagaimana cara bersyukur. Beberapa netizen lain menilai kalau orang tersebut tidak punya 'attitude' sama sekali.

Salah satu komentar yang cukup viral dalam menanggapi Instastory tersebut diutarakan akun @WidasSatyo.

"Alasan kenapa banyak pengangguran di Indonesia, ya, mental gini ini. Bodo amat almamatermu dari UI, UGM, atau Oxford sekali pun, yang dicari perushaaan saat rekrut Anda adalah apa kontribusi yang bisa Anda berikan. Yang butuh kerja itu Anda. Jangan kebalik logikanya," begitu bunyi komentar Widas.

Sementara itu, banyak netizen lainnya yang menanggapi polemik #Gaji8Juta ini dengan lelucon. Seperti dua akun Twitter ini, @akunsayang24 dan @HamidMAS_.

Kalau akun @akunsayang24, dia menjelaskan kalau dirinya pernah juga dalam posisi seseorang yang mengaku lulusan baru UI yang nolak gaji 8 juta. Bahkan, dia mengaku menolak gajinya itu Rp500 juta!

"Tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran Rp 500 juta doang. Hello meski pun gue fresh graduate gue lulusan UBB, Pak. Universitas Bikini Bottom. Jangan samain sama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UBB mah udah perusahaan antara galaksi #gaji8juta," katanya.

Sementara itu, akun @HamidMAS_ pun pernah ditawari gaji besar tapi menolaknya juga. Bukan, dia bukan si pemilik Instastory, karena dia bukan lulusan UI melainkan SD luar negeri.

"Jadi guys... Tadi siang gua diundang wawancara perushaaan multinasional. CUMA NAWARIN GAJI 100 juta. HELLO!!! Meskipun gua fresh pengangguran tapi gua lulusan SD luar negeri! Jangan samain dengan lulusan SD negeri yang pakai zonasi sekolah! Gua bukan milih-milih perusahaan, tapi mana cukup gaji Rp100 juta sebulan buat beli mulut netizen yang maha benar dan buat pamer kemewahan di media sosial," tulisnya di Instastory akun @ceritanation

Banyak sekali kemudian netizen yang nyinyirin netizen pembuat Instastory tersebut. Kebanyakan dari netizen menilai orang tersebut tidak pandai bersyukur dan menghargai orang lain. Dia pun dianggap terlalu membanggakan kampusnya padahal yang diperlukan perusahaan adalah kemampuan personalnya.

Nah, Okezone coba merangkum beberapa cuitan netizen yang nyinyir pedas fresh graduate yang ngakunya lulusan Universitas Indonesia tersebut. Tagar #Gaji8Juta pun kini menduduki trending topik nomor 1 di Indoneisa.

"Fresh grad nolak #gaji8juta ? Emang punya skill apa lu tong ?

Hahahah..di dunia kerja yang dilihat skill, bukan almamater. Gue lulusan SMA tapi punya skill gaji lebih tinggi dari S1," tegas @RickyLMessi

"Sebenarnya di dunia kerja, selain ilmu, ada hal lebih penting yang harus diperhatikan, yaitu pengalaman, soft skill, dan attititude. So, sudah layakkah dirimu digaji sekian? #gaji8juta" kata @yudhadab

"Nggak mau gaji segitu yaudah sih nggak usah kerja :) heran sama orang jaman sekarang, kualitas belum tentu ada tapi songongnya udah kebangetan, belum pernah dijulid se-negara +62 kali ya ini orang #gaji8juta" cuit @hestianaasurya.

"Kalau fresh graduate tidak mau terima #gaji8juta mentang-mentang lulusan UI, ya sudah jadi wiraswasta saja. Ciptakan lapangan kerja, penghasilan tidak terbatas. Note: Gelar S1 saya juga dari UI Depok," kata @doktermarket

"Anjay belum apa-apa udah minta gaji sekian, kalo lo mau dapat duit banyak apa-apa langsung instan, nikah sama Rafathar. #gaji8juta" ungkap @lngsirs

"Karena Lulusan Kampus bergengsi, Jadi bisa seenak jidat kalo ngomong. Dia Lupa ada netizen yang akan tersinggung dengan cuitannya itu. #gaji8juta" ketus @KorykoKory

Polemik ini pun didengar pihak Universitas Indonesia. Tidak tinggal diam, UI pun angkat suara melalui media sosialnya. Di Twitter akun @univ_indonesia dijelaskan di sana bagaimana fakta sebenarnya.

Salah satu yang menarik dari tanggapan UI adalah kalimat ini,

"So guys, Mahasiswa UI, dimana pun kelak kamu berkarya, di perusahaan lokal, perusahaan luar negeri (ln), atau jadi pengusaha pencetak lapangan kerja, jangan lupa tetap perkaya diri dengan ilmu dan selalu rendah hati," tulis admin.

Sebelumnya, admin membagikan beberapa informasi mengenai apa keunggulan UI dibandingkan kampus lain, apa saja yang diberikan pihak kampus untuk mahasiswanya, pun saran keterampilan yang meski dimiliki semua mahasiswa UI.

Terkait dengan besaran gaji mahasiswa UI, admin juga memberikan sebuah laman Tracer Study UI untuk mengetahui besaran gaji mahasiswa UI. Hasil kuesioner ini dibagikan pada lulusan UI pada periode 2017-2018 dengan responden kuesioner S1 Reguler berjumlah 2.483 orang. Berikut bagian dari data itu:

Gaji Lulusan UI

<= Rp 3 juta: 7,7%

>Rp 3 juta- Rp 6 juta: 46,2%

>Rp 6 juta- Rp 9 juta: 25,5%

>Rp 9 juta- Rp 12 juta: 11,3%

>Rp 12 juta- Rp 15 juta: 3,5%

>Rp 15 juta: 5,7%

So, bagaimana menurut Anda mengenai polemik #Gaji8Juta ini? Bagaimana sikap Anda menanggapi isu ini?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini