nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Janin Hilang dalam Kandungan Ibu Hamil karena Diambil Jin? Begini Penjelasan Medisnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 26 481 2084176 janin-hilang-dalam-kandungan-ibu-hamil-karena-diambil-jin-begini-penjelasan-medisnya-IMznDlXUS3.jpg Ilustrasi kehamilan (Foto : Dailymail)

Apakah Anda pernah mendengar seorang ibu hamil kehilangan jabang bayi yang ada di dalam kandungan? Kehamilan yang hilang itu tak disertai dengan tanda-tanda sebelumnya dan secara logika Anda tak bisa menjawabnya.

Mungkin, Anda akan berpikir kalau itu adalah ulah jin atau setan yang mengambil jabang bayi sebagai bentuk tumbal. Tapi, bagaimana dunia medis melihat fenomena ibu hamil kosong ini?

Dalam dunia medis, kondisi seperti ini ternyata bisa dijawab. Itu adalah kondisi yang biasa disebut dengan 'blighted ovum'. Kondisi ini juga dikenal sebagai 'kehamilan anembrionik'.

Dilansir Okezone dari American Pregnancy, hamil kosong itu terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel ke dinding rahim, tetapi embrio tidak berkembang. Sel berkembang membentuk kantung kehamilan, tetapi bukan embrio itu sendiri.

Pada banyak kasus, kondisi ini terjadi dalam trimester pertama, seringkali sebelum seorang wanita tahu dia hamil. Tingkat abnormalitas kromosom yang tinggi biasanya menyebabkan tubuh wanita mengalami keguguran secara alami.

infografis ibu hamil

Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan jika Anda telah didiagnosis menderita kehamilan kosong adalah bahwa ini adalah kerugian. Beri diri Anda waktu dan izin untuk berduka. Ini adalah jenis keguguran dan Anda dapat membantu diri Anda sendiri dalam proses berduka dengan belajar lebih banyak tentang cara bertahan dari keguguran.

Bagaimana saya tahu jika saya mengalami atau memiliki ovum busuk?

Sel telur yang membusuk atau kehamilan kosong dapat terjadi pada awal kehamilan, bahkan sebelum sebagian besar wanita tahu bahwa mereka hamil. Anda mungkin mengalami tanda-tanda kehamilan seperti periode menstruasi yang terlewat atau terlambat dan bahkan tes kehamilan positif. Banyak wanita menganggap kehamilan mereka berada di jalurnya karena tingkat hCG mereka meningkat.

bumil kosong

Plasenta dapat terus tumbuh dan menopang dirinya sendiri tanpa bayi dalam waktu singkat, dan hormon kehamilan dapat terus meningkat, yang akan membuat wanita percaya bahwa dia masih hamil.

Diagnosis biasanya tidak dibuat sampai tes ultrasonografi menunjukkan rahim kosong atau kantung kehamilan yang kosong. Mungkin saja ibu hamil mengalami kram perut minor dan bercak atau pendarahan vagina minor.

Apa yang menyebabkan 'blighted ovum'?

Kehamilan kosong adalah penyebab sekitar 50% keguguran trimester pertama dan biasanya merupakan hasil dari masalah kromosom. Tubuh wanita mengenali kromosom abnormal pada janin dan secara alami tidak mencoba melanjutkan kehamilan karena janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat.

Ini dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak normal, atau kualitas sperma atau telur yang buruk.

ibu hamil

Haruskah saya melakukan operasi pengangkatan atau menunggu keguguran alami?

Ini adalah keputusan yang hanya bisa Anda buat sendiri. Kebanyakan dokter tidak merekomendasikan operasi pengangkatan untuk keguguran dini. Dipercayai bahwa tubuh wanita mampu melewati jaringannya sendiri dan tidak perlu melakukan prosedur bedah invasif dengan risiko komplikasi.

Namun, opsi lain seperti A&P akan bermanfaat jika Anda berencana meminta ahli patologi memeriksa jaringan untuk menentukan alasan keguguran. Beberapa wanita merasakan prosedur D&C membantu penutupan, secara mental dan fisik. Sedangkan, orang lain merasa seperti D&C adalah prosedur invasif yang dapat membuat kehilangan itu lebih traumatis.

Bagaimana masalah ini dapat dicegah?

Sayangnya, dalam banyak kasus, ovum yang membusuk tidak dapat dicegah. Beberapa pasangan akan mencari tes genetik jika terjadi banyak kehilangan awal kehamilan. Sel telur busuk sering kali terjadi sekali, dan jarang seorang wanita akan mengalami lebih dari satu.

Kebanyakan dokter merekomendasikan pasangan untuk menunggu setidaknya 1-3 siklus menstruasi reguler sebelum mencoba untuk hamil lagi setelah semua jenis keguguran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini