nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuning, Kunci untuk Bikin Sebuah Warna dalam Cokelat

Minggu 28 Juli 2019 00:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 28 298 2084492 kuning-kunci-untuk-bikin-sebuah-warna-dalam-cokelat-AfKdSb6aQ7.jpg Cokelat dengan berbagai macam warna (Foto: Her World)

Cokelat merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Konsumen cokelat pun beragam dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua. Namun sesungguhnya cokelat itu memiliki berbagai macam warna.

 Cokelat lezat

"Selama ini banyak orang berpikir cokelat itu hanya dua warna yakni cokelat dan putih. Padahal dengan sentuhan kreasi, akan menciptakan warna baru yang menarik," kata Chef Diana Cahya, salah satu pengarang buku resep cokelat Spectacolour," Sabtu (27/7/2019).

Chef Diana yang juga seorang food artist mengatakan, ia senang dengan sesuatu yang berwarna. Saat membuat chocolate art, ia mengkombinasikannya dengan rempah-rempah seperti kayu manis, dan lainnya.

Sementara itu pengarang buku Spectacolour lainnya, Chef Riady Halim mengatakan, ia senang bermain cokelat dan buah-buahan. "Saat membuat sebuah warna dalam cokelat, ada tantangan tersendiri."

Sebagai contoh, terang dia, saat menciptakan cokelat berwarna merah, bahan dasar cokelat yang sudah ada campuran putih dan cokelat, ditambah dengan warna kuning. Akhirnya warnanya menjadi merah.

"Sebenarnya untuk membuat satu warna baru kuncinya ada di warna kuning. Dalam buku Spectacolour ada dua resep yang saya tuliskan dan semuanya ada perpaduan buah-buahan," terangnya.

Sementara Chef Nina Bertha menambahkan, dalam membuat warna cokelat, warna yang dipilih harus memiliki elemen di dalam produk pastry. Sebab warna adalah ujung tombak.

"Perlu diketahui, produk pastry berkaitan dengan sesuatu yang cantik. Selama ini, warna yang cantik dan menarik membuat orang-orang tergoda untuk mencicipi sebuah cake atau produk pastry lainnya," terangnya.

Keterlibatan tiga chef milenial itu dalam penyusunan buku Spectacolour, menurut Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana (GMK) Sri Utami sangat diperlukan. Mereka mampu menciptakan resep cokelat yang bisa jadi referensi anak-anak muda di dunia kuliner.

Di era milenial dalam mengkreasikan makanan cokelat harus lebih kreatif. Sebab anak-anak milenial menyukai hal-hal baru dan menarik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini