nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Habbatussauda, Obat Herbal yang Lagi Tren Atasi Berbagai Penyakit

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 02:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 28 481 2084502 kenali-habbatussauda-obat-herbal-yang-lagi-tren-atasi-berbagai-penyakit-VKf7n10tB2.jpeg Jintan Hitam. (Foto: Shutterstock)

EKSTRAK jintan hitam atau habbatussauda dari Arab Saudi, dikenal jadi obat herbal yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Anda mesti tahu seluk beluk obat alami ini yang mulai beken beberapa tahun belakangan.

Ditelusuri lebih lanjut, ternyata jintan hitam merupakan tanaman asli Asia. Di Timur Tengah dan India, jintan hitam sangat terkenal, sehingga dimanfaatkan untuk dikonsumsi.

Dalam kandungannya, ekstrak jintan hitam ini mengandung thymoquinone, yakni senyawa dengan sifat antioksidan. Biasanya habbatussauda ini disebut-sebut dapat mengatasi alergi, asma, diabetes, sakit kepala, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, dan rheumatoid arthritis.

Selain itu, minyak jintan hitam ini ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan melawan infeksi. Di samping itu, dapat juga mengatasi masalah kulit dan rambut, seperti jerawat, rambut kering, psoriasis, pertumbuhan rambut, dan kulit kering.

minyak jintan hitam ini ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan melawan infeksi

Meskipun penelitian tentang dampak kesehatan dari minyak jintan hitam ini cukup terbatas, sebenarnya ada beberapa bukti yang menunjukkan manfaat tertentu. Okezone mengulasnya sebagai berikut, dilansir dari Verywellhealth, Minggu (28/7/2019).

Atasi radang sendi

Minyak jintan hitam dapat membantu mengobati rheumatoid arthritis. Menurut sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Investigasi Immunologis pada tahun 2016, ada 43 wanita dengan rheumatoid arthritis ringan yang rajij konsumsi kapsul ekstrak jintan hitam setiap hari.

Hasil studi menunjukkan, ekstrak jintan hitam tersebut dapat menurunkan kadar penanda inflamasi dalam darah, serta mengurangi rasa sakit pada sendi yang bengkak.

Kurangi risiko rhinitis alergi

Ekstrak jintan hitam juga ampuh mengobati alergi. Dalam sebuah penelitian 2011 yang diterbitkan dalam American Journal of Otolaryngology, jintan hitam dapat mengurangi masalah hidung tersumbat, gatal-gatal, pilek, dan bersin-bersin yang parah.

Atasi diabetes

Minyak jintan hitam dianggap sangat bermanfaat bagi pengidap diabetes. Studi dalam Complementary Therapies in Medicine pada 2015 menyebutkan, jintan hitam dapat meningkatkan kadar gula normal dan kolesterol darah. Hal ini dampaknya baik buat kesehatan.

Obat asma alami

Penelitian juga menunjukkan bahwa jintan hitam baik untuk penderita asma. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research pada 2017 menyebutkan, orang dengan asma yang konsumsi ekstrak jintan hitam ini, memiliki peningkatan yang signifikan dalam pengendalian asma. Tentunya Anda harus coba buktikan.

Cegah obesitas

Ekstrak jintan hitam dapat mengurangi faktor risiko pada wanita yang mengalami obesitas. Untuk penelitian tersebut, responden wanita dianjurkan mengonsumsi minyak jintan hitam itu. Minyak jintan hitam punya ekstra kalori rendah. Sehingga sangat cocok dijadikan menu diet sepanjang hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini