nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Khasiat Sarang Semut, Obat Herbal Atasi Tumor hingga Kanker

Muhammad Nazri, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 20:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 28 481 2084695 10-khasiat-sarang-semut-obat-herbal-atasi-tumor-hingga-kanker-an6WbynrDV.jpg Sarang semut obat herbal atas kanker dan tumor (Foto: Ist)

INDONESIA memiliki banyak sekali tanaman herbal yang pastinya dengan berbagai macam khasiatnya juga. Salah satunya adalah sarang semut.

Yang dimaksud sarang semut disini bukanlah sarang semut yang ada ditumpukan pasir atau tanah, melainkan sebuah tanaman herbal sejenis umbi tersebut terdapat sekelompok semut yang bersimbiosis menghasilkan suatu senyawa yang bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Sarang semut sudah lama dikenal sebagai pengobatan alami dan tradisional untuk berbagai penyakit ringan maupun berat seperti tumor dan kanker. Tanaman herbal ini berasal dari Papua. Namun, masih banyak orang khususnya daerah perkotaan yang belum mengetahui tanaman herbal yang kaya akan manfaat ini.

Selain untuk tumor dan kanker, sarang semut juga bisa mengatasi berbagai penyakit. Berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber khasiat apa saja yang ada pada tanaman herbal sarang semut:

Tanaman herbal

1. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga jantung agar tetap sehat sangatlah penting mengingat organ tubuh yang satu ini merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh kita. Kandungan mineral dalam sarang semut seperti kalium dan kalsium cukup tinggi, sehingga tanaman ini cukup membantu dalam masalah mencegah penyakit jantung.

2. Mengobati benjolan di payudara

Kemunculan benjolan pada payudara membuat seorang wanita takut. Pasalnya, benjolan tersebut bisa saja merupakan gejala tumor atau kanker payudara. Sarang semut mengandung flavonoid yang dapat mengatasi benjolan tersebut.

 Ambien

3. Mengatasi ambeien

Kandungan flavonoid pada sarang semut tidak hanya bisa mengatasi kanker dan tumor saja lho, tetapi bisa juga untuk mengatasi masalah ambeien.

Ambeien tentu saja sangat menganggu aktivitas bukan? Oleh karena itu, sarang semut bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Mengatasi darah tinggi

Darah tinggi merupakan penyakit yang umum kita temui pada semua kalangan, muda hingga tua bisa saja terkena darah tinggi. Biasanya, penyebab darah tinggi adalah pola makan yang kurang sehat, seperti memakan makanan berkolesterol terlalu banyak.

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi sarang semut. Kandungan pada obat herbal ini seperti flavonoid dan tokoferol dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

5. Mengatasi diabetes

Diabetes ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi. Penyakit ini juga menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Dengan mengonsumsi sarang semut, tubuh akan menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

6. Mengatasi rematik

Rematik adalah timbulnya rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Umumnya rematik terjadi pada orang lansia. Kandungan flavonoid, antioksidan, dan tokoferol pada sarang semut mampu mengobati rematik.

 pusing

7. Mengatasi migrain

Migrain yang timbul di tengah aktivitas saat kita bekerja sangatlah menghambat pekerjaan. Flavonoid, kalsium, natrium, serta kandungan magnesium pada saran semut dapat mengobati masalah migrain.

8. Sebagai antibiotik

Selain mampu mengatasi berbagai penyakit ringan hingga berat, sarang semut juga bisa menjadi antibiotik bagi tubuh kita.

9. Meningkatkan metabolisme

Dengan berbagai macam kandung yang terdapat pada sarang semut, seperti antioksidan dan multi-mineral. Sarang semut dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik.

10. Membantu mengatasi kanker

Tanaman herbal asal Papua ini dikenal dengan pengobatannya untuk penyakit kanker. Kandungan flavonoid pada sarang semut yang sangat berperan dalam mengatasi kanker. Flavonoid mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi sarang semut untuk pengobatan kanker tidak ada efek samping yang dirasakan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini