nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Anti Gagal Memilih Semangka, Perhatikan 3 Hal Ini!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 29 298 2085090 tips-anti-gagal-memilih-semangka-perhatikan-3-hal-ini-r0GRvheGLt.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Berbeda dengan mangga, manggis, atau buah berukuran kecil lainnya, Anda membutuhkan trik khusus untuk memilih semangka yang manis dengan tekstur sempurna. Hal ini karena tekstur kulit semangka cenderung tebal dan keras, sehingga akan sulit untuk mendeteksi kualitas buahnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebetulnya ada tiga cara praktis untuk memilih semangka yang baik. Menurut The Watermelon Board, Anda hanya perlu melihat, mengangkat, dan membalik buah tersebut. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini, seperti dilansir Okezone dari Mashed, Senin (29/7/2019).

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat. Pastikan tekstur semangka tidak memiliki bekas memar, penyok, atau luka lainnya. Semangka juga harus terasa keras atau tidak lembek.

 Buah segar

Langkah berikutnya adalah mengangkat buah tersebut. Angkatlah dua buah semangka dengan ukuran sama secara bersamaan. Buah yang lebih berat menunjukkan bahwa ia masih dalam keadaan segar. Kok bisa? Jadi, seiring bertambahnya usia, semangka akan kehilangan kandungan airnya hingga membuat tekstur daging menjadi lebih kering dan terkadang bertepung.

Selanjutnya, putarlah semangka untuk melihat bagian dasar buah tersebut. Bila bagian ini berwarna krim kekuning-kuningan itu tandanya petani memanen semangka pada tingkat kematangan yang ideal. Namun, jika Anda melihat bercak berwarna putih dan hijau muda, itu berarti semangka dipanen sebelum waktunya.

Mengingat semangka bukan termasuk buah yang bisa dimatangkan meski telah dipetik dari pohonnya seperti mangga dan alpukat, Anda harus menghindari semangka dengan ciri-ciri tersebut.

Selain itu, ada satu lagi trik ampuh ketika hendak memilih semangka yang baik. Banyak teori yang mengatakan bahwa semangka yang matang akan terdengar nyaring ketika bagian luarnya diketuk, sedangkan semangka yang lembek cenderung lebih hening.

Bila Anda sudah menguasai ketiga teknik di atas dan teknik tambahan ini, berikut Okezone rangkumkan rekomendasi resep smoothie semangka tomat pepaya yang praktis, sehat, dan menyegarkan.

Smoothie Semangka Tomat Pepaya

 

 Jus buah

Bahan-bahan :

175 g semangka, potong-potong

175 g pepaya, potong-potong

100 g tomat, potong-potong

50 ml yoghurt rendah lemak

100 g es batu

Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan ke dalam blender;

2. Proses hingga halus;

3. Tuang jus ke dalam gelas saji;

4. Segera diminum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini