Jangan Asal, Begini Cara Tepat Pemakaian Sunscreen untuk Wajah

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 29 611 2084851 jangan-asal-begini-cara-tepat-pemakaian-sunscreen-untuk-wajah-e5HsU31SZ7.jpg Begini cara tepat pakai sunscreen (Foto: Pinterest)

SEBAGIAN besar perempuan, produk perawatan wajah merupakan hal yang wajib dimiliki, bahkan menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Namun ternyata, masih banyak orang yang masih sering menyepelekan pentingnya penggunaan sunscreen.

Padahal tanpa penggunaan suncreen, banyak dampak berbahaya yang mengintai kita. Bahkan penggunaan skincare yang rajin akan menjadi sia-sia begitu saja jika kita tidak memproteksi kulit dengan menggunakan sunscreen.

dr. Nana Novia, Sp.KK menjelaskan, sinar matahari merupakan sumber vitamin D. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri, bahwa sinar UV yang terkandung dalam matahari juga dapat berdampak buruk khususnya kulit.

 Sunscreen

"Sinar UV punya dampak buruk ke kulit yaitu dapat menyebabkan penuaan dini, sunburn bahkan skin cancer." jelas dokter Nana di Jakarta.

Dokter cantik ini juga mengungkapkan bahwa sinar UV A juga dapat menembus kaca. Hal tersebut menegaskan kembali bahwa walaupun berada di dalam rumah, ataupun di dalam mobil, maka seseorang tetap diharuskan memakai sunscreen agar terlindungi dari efek buruk sinar UV.

Meskipun sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya penggunaan sunscreen, tapi kebanyakan juga masih salah dalam pengaplikasiannya. Seringkali orang-orang masih salah kaprah dengan label SPF dan PA yang tertera di kemasan sunscreen.

Kebanyakan orang hanya mengoleskan sunscreen sekali sehari karena menganggap SPF yang tinggi memiliki waktu proteksi yang lebih lama juga. Padahal sunscreen akan luntur jika kita berkeringat atau terkena air. Maka sebaiknya penggunaan sunscreen diulangi setiap dua atau tiga jam sekali.

Terkait takaran pemakaian sunscreen yang tepat, dokter Nana menyatakan bahwa orang dewasa memerlukan minimal 5 gram untuk memproteksi seluruh wajahnya, atau bisa menggunakan ukuran satu sendok teh. Agar lebih mudah mengukurnya, ia juga memberikan saran agar siapapun yang mau menggunakan sunscreen, menggunakan jarinya masing-masing.

"Jadi gampangnya gini, siapapun yang mau pakai sunscreen kita pakai tangan. Jadi namanya fingertip unit. Itu aturan untuk memakai skincare, salep dari dokter pun seperti itu." ujar dokter Nana.

"Misalnya saya mau pakai saya keluarkan suncreennya sepanjang satu ruas jari. Nah itu untuk separuh wajah, kalau seluruh wajah otomatis dua garis. Jadi dua fingertip unit kurang lebih seperti itu." pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini