nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Boram, Bocah 6 Tahun yang Beli Gedung Seharga Rp113 Miliar

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 13:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 29 612 2084899 kisah-boram-bocah-6-tahun-yang-beli-gedung-seharga-rp113-miliar-ueG9U5yQ8r.jpg Boram. (Foto: Youtube)

PERKEMBANGAN dunia digital memang memunculkan banyak pekerjaan baru, salah satunya Youtuber. Uniknya, tak harus orang dewasa yang bekerja di bidang tersebut, anak kecil pun memiliki kesempatan yang sama dan bahkan bisa berpenghasilan lebih tinggi.

Contohnya adalah seorang Youtuber cilik dari Korea Selatan, Boram. Bocah berusia 6 tahun itu memiliki dua channel Youtube yaitu Boram Tube ToysReview dan Boram Tube Vlog yang jumlah suscriber mencapai lebih dari 31 juta. Bisa dibayangkan berapa penghasilannya tiap bulan?

Melansir Asia One, Senin (29/7/2019), kedua channel tersebut diinformasikan menghasilkan pendapatan bulanan rata-rata USD4,2 juta atau setara dengan Rp58,8 miliar.

Dengan pendapatan sebesar itu, tak heran Boram mampu membeli sebuah gedung lima lantai di Gangnam untuk keluarganya. Harga gedung yang berada di salah satu distrik termahal di Korea Selatan itu diperkirakan mencapai 9,5 miliar won atau setara dengan Rp112,3 miliar.

Namun perjuangan Boram menjadi Youtuber tidaklah mudah. Kariernya mulai dibangun sejak tahun 2016. Dia rutin membuat video yang mengulas mainan dan mengintip kehidupan keluarganya. Gayanya yang menggemaskan mencuri perhatian para pengguna media sosial.

Di sisi lain, orangtuanya dituduh telah mengeksploitasi anak. Hal ini dikarenakan mereka membiarkan Boram bekerja melalui channel Youtube untuk mendapatkan uang.

Pada 2017, Save The Children Korea pernah mengajukan tuntutan terhadap orangtua Boram karena memfilmkan anaknya dalam situasi yang dapat menyebabkan kesedihan.

Contohnya video skenario yang memperlihatkan Boram seakan mencuri uang dari dompet ayahnya dan berpura-pura sedang melahirkan.

Biarpun pada akhirnya video tersebut disimpan sebagai dokumen pribadi, Pengadilan Keluarga Seoul mengabulkan tuntutan badan amal. Meski begitu, Boram tidak berhenti mengunggah video di Youtube dan tetap menjalani pekerjaannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini