nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungi Tapanuli Utara, Jokowi Promosikan Kain Ulos di Media Sosial

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 16:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 30 194 2085505 kunjungi-tapanuli-utara-jokowi-promosikan-kain-ulos-di-media-sosial-JZq26ahHdw.jpg Jokowi dan Iriana promosikan kain ulos (Foto: Instagram)

MENGINGAT Indonesia terdari dari begitu banyak kepulauan, maka tidak heran Indonesia dianugerahi begitu banyak warisan kebudayaan yang sangat beragam. Warisan kebudayaan yang sangat kaya ini, salah satunya adalah wastra tradisional yang tidak hanya perlu dilestarikan. Seperti Jokowi yang baru-baru ini promosikan kain ulos.

Nah, menariknya seorang kepala negara, seperti Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi saja menyempatkan diri loh untuk mempromosikan salah satu kekayaan wastra tradisional dari tanah Pulau Sumatera, melalui platform media sosial resmi pribadi kepresidenan.

Sebagaimana hasil pantauan Okezone, Selasa (30/7/2019) di media sosial, Presiden Jokowi dengan didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi diketahui tengah melakukan kunjungan kerja di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Dalam agenda kunjungan kerja tersebut, banyak lokasi yang didatangi Jokowi dan Iriana, salah satunya Salib Kasih.

 Jokowi

Menyambut kedatangan Presiden beserta Ibu Negara, masyarakat Adat Tarutung memberikan sebuah kenang-kenangan untuk Jokowi dan Iriana, yakni sebuah kain Ulos kombinasi dua warna, merah dan putih seperti warna bendera Indonesia.

“Bersampirkan kain ulos, cenderamata kehormatan dari masyarakat adat Tarutung, saat berkunjung ke Tapanuli Utara, pagi ini. Terima kasih,” bunyi keterangan yang tertera dalam foto yang menampilkan Jokowi dan Iriana dengan kain Ulos warna merah-putih yang tersampir di bahu sambil memasang senyum.

Mengunggah tampilan mengenakan kain Ulos sekaligus ‘mempromosikan’ kain Ulos khas Sumatera kepada masyarakat umum melalui media sosialnya. Kolom komentar akun laman Jokowi pun dipenuhi banyak pujian dari para netizen pengguna Instagram.

“Keren bangat Pak uda.. sehat sllu dan semakin diberkati sgla usaha dan pekerjaannya ya Pak uda. Love2 buat Bpk..,” puji akun bernama Panggabean.lastri

“Aku mau juga ulos nya keren bingit,” harap netizen pemilik akun Mulyantiningsihrahayu

“Ulosnya bagis,” komentar dari Stivhanye.napitupulu

“Wah keren Pak Joko dan Ibu,” puji Tri_sutarmi singkat.

“Gemes, horas Pakde!,” seru netizen dengan akun bernama Margarethayo

“Kain ulos nya bagus Pak merah putih,” imbuh Jalanimimpi_

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, foto Jokowi dan Iriana mengenakan kain Ulos ini sendiri sudah mendapatkan lebih dari 350ribu likes dari para pengguna Instagram meskipun baru diunggah sekitar tiga jam yang lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini