nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Kebaya Punya Makna Mendalam bagi Perempuan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 17:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 30 194 2085522 ini-alasan-kebaya-punya-makna-mendalam-bagi-perempuan-AMJZvdNSMS.jpeg Kebaya punya makna mendalam bagi perempuan (Foto: Dok. MNC)

KEBAYA menjadi salah satu busana yang identik dengan wanita Indonesia. Oleh sebab itu, melestarikan kebudayaan Indonesia dapat diwujudkan dengan memakai kebaya.

Melalui gagasan inilah, Komunitas Perempuan Berkebaya mengajak wanita Indonesia untuk mulai berkebaya. Supaya dapat berbusana kebaya dengan baik dan benar, Komunitas Komunitas Perempuan Berkebaya menggelar kegiatan Belajar Memakai Kebaya yang dihadiri pula oleh Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina pada hari Jumat 26 Juli 2019.

Kebaya

Kebaya sendiri dipilih karena sangat lekat dengan identitas bangsa Indonesia seperti halnya sari di India. Penggagas Komunitas Perempuan Berkebaya Rahmi Hidayati menyatakan kebiasaan mengenakan kebaya merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap identitas busana asli Indonesia.

Belajar kebaya

Kebaya merupakan busana yang memiliki nilai sejarah panjang. Sejarah kebaya bermula pada abad ke-15 M dimana pada saat itu kebaya merupakan busana khas perempuan Indonesia, terutama perempuan Jawa. Kemudian pada tahun 1940-an kebaya dipilih oleh Presiden Soekarno menjadi kostum nasional karena sangat erat dengan lambang emansipasi perempuan Indonesia, yaitu R.A Kartini. Inilah yang membuat kebaya memiliki arti yang sangat dalam,” tutur Rahmi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menyatakan dukungannya terhadap kegiatan positif yang dilakukan oleh Komunitas Perempuan Berkebaya ini. Menurutnya, kegiatan ini perlu didukung pula oleh generasi muda Indonesia.

“Model kebaya sekarang sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman dan selera milenial. Kami berharap persepsi masyarakat umum tidak lagi mengkotakkan kebaya sebagai busana tradisional saja, melainkan dapat juga menjadi busana yang modis,” tutup Susy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini