nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Ini 5 Kuliner Lokal yang Wajib Anda Cicipi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 14:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 30 298 2085419 ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-ini-5-kuliner-lokal-yang-wajib-anda-cicipi-rzSGEdj1TI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PRESIDEN Jokowi akhirnya menetapkan Ibu Kota Negara akan pindah ke Kalimantan. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy S. Prawiradinata.

Wacana pemindahan ibu kota ini sebetulnya bukanlah hal baru. Sejak masa pemerintahan Presiden Soerkarno, wacana tersebut sempat mengemuka. Kalimantan diklaim memiliki berbagai potensi terpendam yang bisa dimaksimalkan, termasuk pada sektor pariwisata.

Selain dianugerahi keindahan alam yang sangat memesona, Kalimantan juga memiliki keanekaragaman budaya dengan keunikannya masing-masing. Salah satu produk budaya yang patut untuk dipromosikan adalah kuliner.

Kuliner Kalimantan tidak kalah lezatnya dengan kuliner dari berbagai daerah lainnya. Tidak percaya? Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (30/7/2019).

Soto Banjar

View this post on Instagram

Happy dinner igers .... Musim hujan Cuaca dingin enaknya makan pake kuah yg panas n pedas 😋😋 Lupa bikin ketupat jdinya pake nasi ajaah 🤪 Soto banjar khas daerah Kalimantan Disajikan dengan : perkedel, telur rebus, soun, daun seledri, bawang goreng dan kerupuk sebagai pelengkap. (kerupuknya gak kephoto lupa 😆) Yang harus ada gak boleh ketinggalan ... jeruk nipis atau jeruk kunci yg buat di kucuri ke kuah soto dan sambal super pedas. Soto banjar By @carolinelc88 Bahan : •ayam kampung 1 kg kurang lebih Rempah bumbu cemplung: •5 cm kayu manis , •2 kelopak bunga lawang, •5 biji cengkeh, •5 biji kapulaga •3 iris ganti-ganti - di masukkan utuh yaaah, bisa di bungkus pake kain atau cemplungin gitu aja. Bumbu yg dihaluskan: •8 butir bawang merah, •5 siung bawang putih, •1/2 sdt kas-kas, •5 biji kenari kupas •1/2 biji pala, •1 sdt lada putih bubuk •1 sdm garam •1 sdt penyedap/ chicken powder • minyak sayur secukupnya utk tumis bumbu Cara memasak: Setelah bumbu di haluskan di tumis hingga wangi, lalu masukan potongan daging ayam aduk rata hingga ayam berubah warna, masukkan ayam yg sdh di tumis dgn bumbu dan bumbu2 utuh ke dalam panci yg berisi air mendidih tambahkan garam dan penyedap, masak hingga ayam empuk. Tips: supaya kuah soto lebih gurih Setelah daging ayam empuk matikan api biarkan hangat. 1 butir telur ayam kampung di kocok lepas lalu masukan kedalam kuah soto aduk rata, nyalakan api kecil aduk searah hingga mendidih. Kuah soto siap digunakan. #sotobanjar #kulinernusantara #khasdaerah #indonesianfood #rempahindonesia #igfoods #instalike #foodphotography #foostagram #foodlovers #doyanmakan #sotolover #sotoayam #chickensoup #instafood #foodgallery #f52grams #healthyfood #homemadelovers #homecooking #cuisine_captures #fotomasak #banjarbungas #banjarfoodies #yummy

A post shared by Caroline (@carolinelc88) on

Soto Banjar merupakan salah satu hidangan khas Kalimantan yang sangat populer. Anda bisa menjumpai hidangan berkuah ini di berbagai kota di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Soto Banjar merupakan makanan khas dari suku Banjar, Kalimantan Selatan.

Hidangan ini terdiri dari potongan ketupat dengan kuah bercita rasa gurih, lalu diberi suwiran daging ayam. Berbeda dengan olahan soto pada umumnya, kuah Soto Banjar bertekstur kental dengan warna yang agak keruh. Tapi dari segi rasa, Anda pasti akan ketagihan ketika mencicipinya.

Ketupat Kandangan

View this post on Instagram

. Assallamualaikum.. Pagi ini sarapan Ketupat Kandangan yang dibeli diwarung disekitaran jalan lambung mangkurat samarinda. Kuliner Kalimantan Selatan yang juga familiar di kota Samarinda ini isiannya Terdiri dari ketupat, yang mana dalam perebusannya tidak dibuat padat sintal pada umumnya ketupat,Sengaja direbus tidak terlalu lama biar masih terlihat bulir2 nasinya,untuk lauknya dipakai ikan haruan/gabus yang dibakar atau diasap diatas bara api,plus jeroan ikannya,bisa juga ditambahkan potongan telur,kemudian disiram kuah santan kental nan gurih yang sudah berbumbu,tak lupa ditambahkan sambal limau kuit/nipis biar rasanya semakin sedap 👌 . . #ketupatkandangan #kulinersamarinda #makananbanjar #smrfoodies #bubuhansamarinda

A post shared by HAY (@hanhanny) on

Selanjutnya ada hidangan yang tidak kalah lezatnya yakni, ketupat kandangan. Hidangan ini memiliki karakteristik rasa gurih yang khas, dengan varian lauk yang cukup beragam yakni, telur ayam rebus, olahan ikan, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat bahwa tekstur ketupat pada hidangan ini cenderung lebih keras. Tapi Anda tidak perlu khawatir, cita rasa yang disuguhkan benar-benar sangat pas dan nikmat. Jadi jangan lupa icip-icip ketupat kandangan kalau sedang berlibur di Kalimantan.

Manday

Kalau Jogja punya gudeg, Kalimantan punya manday. Perbedaan kedua hidangan tersebut terletak pada bahan utama yang digunakan. Seperti diketahui, untuk membuat olahan gudeg dibutuhkan nangka sebagai bahan utamanya. Sementara manday sendiri terbuat dari cempedak.

Meski dari segi rasa cenderung mirip, namun ada rasa unik dan khas ketika Anda mencicipi hidangan bercita rasa manis ini. Hal tersebut disebabkan oleh proses pengawetan cempedak yang dilakukan menggunakan garam selama beberapa hari, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Setelah itu, cempedak akan dicampurkan dengan bumbu rempah-rempah sebelum digoreng, dibakar, atau digulai. Menarik bukan?

Gangan Humut

View this post on Instagram

. Assallamualaikum.. Gangan Humbut Nyiur salah satu kuliner tradisional bagi orang banjar kalimantan,sajian sayur jenis ini memang jarang ada kalo untuk sehari2 dikarenakan bahan humbutnya yang jarang ada dijual dipasaran,bagaimana tidak untuk mendapatkannya harus menebang pohon kelapa yang kemudian diambil batang mudanya dipucuk pohon,biasanya disajikan saat ada kenduri/hajatan terutama acara pernikahan,ibu2 dikampung memasak sayur ini untuk disajikan saat para anggota keluarga sibuk sebelum hari H,disajikan saat makan siang dengan lauk pauk dan sambel,makannya rame2 duhh nyaman banar 😁 Nah aku kemaren nemu penjual humbut kelapa ini dipasar,karena ini barang langka dan enak,ngga pake lama langsung beli. Dicampur dengan Waluh (labu kuning) dan kacang panjang membuat sayur ini semakin enak,tekstur humbut ngga keras ya,iris tipis,direbus ngga usah lama dah empuk dan kres2..😀 . GANGAN HUMBUT NYIUR . BAHAN : 300 gr humbut nyiur iris tipis 200 gr waluh kuning 5 lonjor kacang panjang 300 ml air 600 ml santan (kekentalan sesuai selera) 2 sdm ebi kering 1 buah cabe merah besar iris2 1 batang sereh geprek Sejempol lengkuas geprek Garam,Gula pasir,kaldu bubuk secukupnya. . BUMBU HALUS ULEK : . 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 butir kemiri 1/2 sdt merica bubuk (optional) . CARA MEMBUAT : 1.cuci bersih semua sayuran,didihkan air lalu masukan humbut,ebi,waluh,irisan cabe merah,sereh dan lengkuas geprek didihkan hingga empuk lalu terakhir potongan kacang panjang. 2.masukan santan,bumbu Halus,garam, gula dan kaldu bubuk,didihkan,cek rasa. 3.gangan humbut nyiur siap disajikan bersama lauk pauk,ikan asin dan sambel 👌 . #ganganhumbut #makananbanjar #klikbanjar #kulinersamarinda #homemadefood #berbagiresep

A post shared by HAY (@hanhanny) on

Para pencinta makanan manis, Anda wajib mencicipi gangang humut. Makanan ini terbuat dari nyiur atau inti dari pohon kelapa yang sudah diolah sedimikian rupa menjadi sayur.

Mengingat bahan dasarnya yang terbilang unik, gangan humbut sering disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, acara desa, dan masih banyak lagi.

Bubur Pedas

View this post on Instagram

• • • • • Traveling juga tak lepas dari yang namanya wisata kuliner. Siapa yang pernah cobain makanan khas Kabupaten Sambas yang satu ini ? . . Bubur Pedas, makanan khas melayu, berbahan beras tumbuk yang disangrai bersama rempah-rempah. Bubur ini dimasak bersama daun sayuran yang diiris. Daun khas bubur ini ialah daun kesum (Persicaria odorata/Polygonum minus) yang rasanya sulit saya jelaskan. Barang kali sejenis daun kemangi namun dengan "tendangan" yang lebih kuat. Bubur ini disajikan bersama kacang tanah goreng dan ikan teri dalam keadaan panas. . . . 📷 @irwandioldprint . . . #buburpedas #Sambas #singkawang #borneo #budayadayak #kalbar #exploreborneo #borneoisland #kuching #sabahtourism #tanjungputingnationalpark #malaysiaku #sandakan #dayaknusantara #pesonadayak #dayaknese #kalteng #melawi #sampit #dayak #sukudayak #dayakculture #dayakcantik #ruangdayak #melayu #hulusungaitengah #rakatcintadamai #indonesiatimur #maumere #silatindo

A post shared by Borneo Tourism (@borneo_tourism) on

Kalimantan juga punya olahan bubur yang tidak kalah nikmatnya dengan bubur ayam khas Betawi dan Manado. Olahan bubur mereka dinamakan bubur pedas. Kendati demikian, cita rasa yang dihasilkan sama sekali tidak pedas loh, Okezoners!

Dari tampilannya, bubur pedas hampir mirip dengan bubur manado karena disajikan dengan banyak sayuran dan lauk tambahan seperti ikan teri, sambal, dan kacang goreng. Untuk menambah cita rasanya, Anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis. Momen santap pagi pun menjadi lebih nikmat!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini