nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Kesehatan, Ini Manfaat Air Hidrogen untuk Kecantikan Kulit

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 22:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 30 481 2085657 selain-kesehatan-ini-manfaat-air-hidrogen-untuk-kecantikan-kulit-rmNbrFYU33.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Air dengan kandungan hidrogen memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit hingga menimbulkan peradangan, jerawat, dan penuaan dini.

Hasil studi “Hydrogen treatment protects against cell death and senescence induced by oxidative damage” dalam Journal of Microbiology and Biotechnology (2017) menyatakan, air kaya hidrogen memiliki potensi sebagai agen anti-aging yang kuat karena kemampuan antioksidannya dapat menekan produksi radikal bebas akibat kerusakan sel serta mendorong pertumbuhan sel yang aktif.

Menurut penelitian, air hidrogen dapat mencegah berbagai penyakit seperti stroke, jantung, hingga paru-paru. Selain manfaat medis, air ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan.

 Perempuan

Dokter Kecantikan Jane Nathania mengatakan, air hidrogen dapat digunakan untuk perawatan kulit sebagai anti-aging harian yang bisa dilakukan secara praktis.

"Penggunaan air hodrigen sudah menjadi tren kecantikan di negara-negara maju, seperti Jepang, Korea, dan Amerika Serikat," tutur dr. Jane dalam peluncuran Hydro-Gen Esteo Pico Mist di Jakarta baru-baru ini.

Manfaat lainnya dari air hidrogen juga disampaikan oleh dr. Elvin Gultom. Ia mengatakan air hidrogen merupakan antioksidan dan memberikan manfaat anti-inflamasi.

"Air hidrogen dapat mengurangi efek yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari yang berlebihan dan paparan radikal bebas setiap hari," ucapnya.

Penyebab radikal bebas

Radikal bebas di kulit dapat disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Menurut dr. Elvin, paparan sinar matahari, polusi udara, radiasi perangkat pintar, hingga konsumsi alkohol dan makanan berlemak tinggi bisa menjadi penyebabnya. Karena itu, perawatan air hidrogen bisa menjadi solusi.

"Hidrogen aktif yang menyerap ke kulit tidak hanya melembapkan, tetapi juga bermanfaat bagi kulit karena sifat antioksidannya," tuturnya.

Antioksidan adalah molekul yang menghambat oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia dalam tubuh kita yang dapat menghasilkan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini