Share

Mengenal Lungfish, Ikan Aneh yang Bisa Hidup di Tanah Tanpa Air

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 612 2085474 mengenal-lungfish-ikan-aneh-yang-bisa-hidup-di-tanah-tanpa-air-Q6sFmEOesx.jpg Ilustrasi (Foto: Indiatoday)

Pada umumnya seekor ikan hidup dan tumbuh besar di dalam air. Mereka dilengkapi dengan sistem pernapasan yang disebut insang sehingga membuatnya mampu bernapas di dalam air. Meski demikian, tidak semuanya ikan hanya mampu hidup di dalam air, ada seekor ikan yang memiliki keunikan khusus sehingga mampu bertahan hidup tanpa air.

Ya, ikan tersebut bernama dupress paru Afrika, atau biasa disebut ikan paru-paru Afrika alias lungfish. Sesuai dengan namanya, ikan ini tampaknya tidak hanya memiliki insang sebagai alat pernapasannya, melainkan mempunyai satu hingga dua paru-paru yang mampu membuatnya bertahan tanpa air.

Jumlah paru-paru tersebut berbeda pada setiap jenis ikannya. Ikan ini termasuk dalam salah satu spesies ikan purba yang muncul pada Zaman Devonian Awal yakni sekira 419,2 juta hingga 393,3 juta tahun lalu. Meski demikian, hewan ini masih muncul di sungai dan danau di Afrika, Amerika Selatan dan Australia.

 Ikan

Selain memiliki kemampuan yang unik, hewan ini juga memiliki bentuk tubuh yang khas. Umumnya ukuran mereka besar dan tersebar di beberapa daerah tropis di dunia dengan gaya hidup yang aneh. Sedikitnya ada 4 jenis lungfish yang ada di dunia, diantaranya adalah Australian Lungfish, South America Lungfish, African Lungfish dan Devonian Lungfish.

Sebagaimana dilansir Britannica, Selasa (30/7/2019), Lungfish Australia bisa hidup dan memiliki berat hingga 10 kilogram dengan panjang 1,25 meter. Diantara keempat spesies tersebut, spesies lungfish dari Afrika adalah yang terbesar karena dapat tumbuh hingga sepanjang dua meter.

Lungfish termasuk salah satu anggota ikan air tawar dan biasanya terkonsenterasi di garis khatulistiwa. Di Afrika sendiri, ikan ini sangat berlimpah dan menyebar sepanjang tepi sungai, daerah becek, danau dan bersembunyi diantara tanaman-tanaman di sekitar utara Senegal dan selatan Mozambik.

Sementara lungfish yang tinggal di Amerika Selatan berbentuk menyerupai belut dan hidup di aliran air dangkal dan berlumpur seperti di Sungai Chacho, Paraguay.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini