nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Milenial Lebih Produktif Kerja di Kafe, Psikolog: Mereka Rentan Jenuh

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 07:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 30 612 2085653 anak-milenial-lebih-produktif-kerja-di-kafe-psikolog-mereka-rentan-jenuh-MtBS4QRtXl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK milenial memang kerap bosan jika disuruh berlama-lama dalam kantor. Mereka pun lebih senang bekerja di luar sambil, lantaran bekerja di dalam kantor terlalu kaku.

Tidak heran, jika pada akhirnya banyak kafe atau co-working space yang ditujukan untuk anak milenial semakin menjamur. Memang, bagi banyak orang tidak berada di dalam kantor dianggap tidak menyelesaikan pekerjaan mereka.

Padahal, menurut Psikolog Meity Arianty, para pekerja milenial memang kerap memilih menyelesaikan tugasnya di luar kantor. Menurutnya, hal tersebut malah akan membuat para pekerja menjadi lebih produktif.

hal tersebut malah akan membuat para pekerja menjadi lebih produktif.

"Bekerja di luar kantor sebenarnya jadi salah satu alternatif, agar pekerja tidak bosan dan stres menghadapi tekanan pekerjaan. Karena mereka itu rentan jenuh kalau seharian berada di satu tempat," tutur Mei kepada Okezone.

Dia melanjutkan, jika orang-orang tersebut dipaksa bekerja di satu ruangan dalam waktu lama, bukan tidak mungkin mereka malah jenuh. Akibatnya, akan timbul rasa cemas, yang mengakibatkan kerja menjadi lambat hingga membuat performa menurun.

"Tapi kalau pilih bekerja di luar kantor pasti pilihnya santai. Bisa baring-baring di sofa empuk untuk sekedar meregangkan tubuh. Kalau nyaman, stressor pasti tidak muncul," imbuhnya.

Senada, CEO REQSpace Irwan Surawisasta menyebut, saat ini banyak kafe dimodifikasi sehingga nyaman untuk disinggahi oleh anak-anak milenial. Kafenya berkonsep co-working space, cenderung menawarkan suasana tenang.

Banyak anak milenial lebih senang bekerja di kantor dengan konsep kafe dibandingkan kantor biasa.

Biasanya terdapat koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien, serta diskusi tim. Tak jarang di beberapa tempat ada yang menyediakan minuman seperti air mineral, teh, dan kopi. Tentu itu semua dibutuhkan seseorang saat menyelesaikan pekerjaan.

"Banyak komunitas, pelaku UMKM, startup, hingga influencer bersosialisasi dan networking saat mencari inspirasi di tempat seperti itu," ucap Irwan.

Memang, ruang bekerja yang diincar milenial tidak selalu sama dan memiliki konsep masing-masing. Setiap tempat punya ide unik, yang dijamin bikin para pekerja betah.

Tapi yang jelas, tempat-tempat informal seperti itu memudahkan mereka untuk saling bertukar pikiran atau selalu bersosialisasi dengan baik. Jadi, jangan heran kalau lihat banyak anak milenial lebih produktif bekerja di tempat seperti ini daripada di kantor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini