nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Edukasi Soal Sampah Plastik Sejak Dini

Muhammad Nazri, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 19:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 31 196 2086066 pentingnya-edukasi-soal-sampah-plastik-sejak-dini-4jgzJqF4qX.jpg Edukasi sampah sejak dini (Foto: Omaha)

MASALAH di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Bahkan Indonesia disebut-sebut sebagai negara penghasil sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok.

Mohamad Bijaksana Junerosano atau Sano, seorang founder dari waste4change yang merupakan wirausaha sosial yang bergerak dalam pengelolaan sampah baik sampah plastik dan jenis lainnnya, ia menjelaskan bahwa Indonesia menghasilkan 175 ribu ton sampah per hari.

“Selain itu, Jakarta, Ibukota negara kita, menyumbang sampah sebanyak tujuh ribu hingga tujuh ribu lima ratus ton sampah per hari. Apabila dikumpulkan hingga dua hari maka sampah itu bisa membentuk satu Candi Borobudur,” ucap Sano, Dalam diskusi bersama Unilever bertema permasalahan sampah plastik di Kantor Edelman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2019).

 Sampah

Ia juga menjelaskan bahwa 81 persen masyarakat Indonesia tidak memilah sampahnya. Karena tantangan dalam proses daur ulang sampah adalah harus memilah sampahnya terlebih dahulu, khususnya sampah plastik.

Selain proses daur ulang, upaya edukasi tentang sampah merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Setidaknya dimulai dari siswa-siswi yang duduk dibangku sekolah agar diajarkan pada mereka untuk bijak menggunakan plastik.

Dalam menangani sampah plastik khususnya sachet dan pouch yang sulit didaur ulang, produsen kebutuhan rumah tangga tersebut berupaya untuk menjadikan sampah plastik tersebut menjadi sumber bahan baku atau kemasan lagi, dengan menggunakan teknologi yang bekerja sama dengan perusahaan di Jerman.

Melihat kondisi masyarakat yang demikian, Sano yang tiap kali bersemangat sekaligus gemas saat membahas permasalahan sampah, mengajak masyarakat Indonesia memulai untuk membiasakan memilah-milah sampah organik dan non organik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini