nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah Pesan, Ini 5 Bagian Daging Sapi Paling Enak untuk Steak

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 21:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 298 2086044 jangan-salah-pesan-ini-5-bagian-daging-sapi-paling-enak-untuk-steak-lxnyUhTKZk.jpg Pilihan daging steak paling enak (Foto: Diet Doctor)

MENGINGAT harganya tidak lah murah, potongan daging sapi memang tidak bisa dianggap remeh. Salah satunya saat mengonsumsinya menjadi hidangan steak. Tahukah Anda, tidak semua orang tahu banyak tentang daging sapi yang mereka makan, beli, dan masak - terutama dalam hal steak.

Memang tidak ada potongan terbaik yang mutlak untuk setiap orang, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Tetapi mengetahui mana-mana saja potongan terbaik untuk diolah jadi steak, tentu akan membuat olahan daging steak berbeda saat dimasak dan disantap, yang pada akhirnya akan memberi Anda pengalaman makan steak yang lebih baik.

Apa saja potongan daging terbaik untuk steak? Menyitat Bussinessinsider, Rabu (31/7/2019) berikut ulasan singkat lima potongan daging terbaik untuk steak.

1.Rib eye

Adalah potongan terbaik bagi pencinta steak, hadir sebagai potongan yang paling beraroma, dan marbling yang kaya sehingga memberikan rasa superior saat dimasak. Potongan rib eye ini sendiri berasal dari bagian tulang rusuk. Limpahan marble di bagian ini membuatnya menjadi potongan yang bagus untuk dipanggang, tepatnya dengan cara slow roasting.

 Daging steak

2. Strip Loin

Yang kadang-kadang disebut juga sebagai New York strip, adalah potongan dari bagian pinggang pendek. Loin pendek adalah otot besar sehingga sangat tebal saat dipotong, jadi alternatif yang bagus bagi orang-orang yang tidak suka ada kandungan lemak internal yang signifikan dari potongan rib eye. Potongan daging ini juga enak dijadikan steak.

3. Sirloin atas

Sirloin atas adalah potongan dari bagian pinggang sapi yang menawarkan rasa yang baik. Potongan sirloin ini ideal disebutkan diolah berbagai cara, baik dipanggang, ditumis, atua digoreng. Untuk marbling, sirloin atas tidak memiliki marbling sebanyak bagian rib eye atau atau strip New York, sekedar cukup untuk memberikan rasa yang baik untuk steak. Ketebalan yang disukai untuk potongan sirloin atas cenderung berada dalam kisaran 1 inci hingga 2 inci. Dengan ukuran steak yang lebih tebal ini, membuatnya tidak mudah mengering saat dimasak.

4. Tenderloin

Biasa juga disebut sebagai potongan filet nya daging sapi. Tenderloin ada di bawah tulang rusuk dan di samping tulang punggung. Tenderloin, seperti namanya, adalah potongan daging sapi yang paling empuk. Cocok bagi orang-orang yang tidak suka marbling eye rib dan strip loin.

5. Top sirloin cap

Bagian teratas sirloin, adalah potongan daging yang lebih jarang ditemukan karena biasanya sudah dibelah menjadi steak. Potongannya berasal dari otot berbentuk segitiga tepat di atas sirloin atas. Ini adalah potongan daging yang sangat fleksibel, ramping dan beraroma. Pas untuk diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. dengan berbagai pilihan persiapan yang berbeda seperti memanggang, memanggang, dan membakar wajan tersedia. Potongan daging steak satu ini rasanya akan makin mantap, ketika dibumbui dengan teknik dry rub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini