nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Udara Jakarta Terburuk Sedunia, Risiko Stroke Benar Adanya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 31 481 2085970 udara-jakarta-terburuk-sedunia-risiko-stroke-benar-adanya-q4N3JzuoNH.jpg Udara di Jakarta (Foto : Dede Kurniawan/Okezone)

Isu udara Jakarta menjadi yang terkotor di dunia masih hangat di masyarakat. Meski sejatinya, Jakarta tidak lagi menjadi kota paling buruk tingkat polusi udaran-ya di dunia. Ya, berdasar data AirVisual Rabu 31 Juli 2019, Jakarta menduduki peringkat 3 bukan lagi di posisi wahid.

Lebih detail lagi, kadar udara Jakarta angkanya 155, di bawah Ulaanbaatar, Mongolia (170) dan Tashkent, Uzbekistan (158). Meski begitu, dengan kadar tersebut masih menunjukan fakta kalau udara di Jakarta tidak sehat sama sekali!

Fakta ini tentu mengkhawatirkan warga Jakarta pun Indonesia secara keseluruhan. Dengan kadar udara tidak sehat, banyak risiko yang bakal dihadapi masyarakat Jakarta, salah satunya adalah stroke.

airvisual jakarta

Untuk menggali apa kaitannya paparan udara kotor dengan stroke, Okezone coba menanyakannya pada Dokter Spesialis Saraf dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S, menurutnya memang ada kaitannya antara polutan dengan masalan stroke. Terlebih durasi terpaparnya sudah sangat panjang dan ditambah lagi ada risiko stroke, masalah ini akan mungkin terjadi.

"Saya menganalogikannya seperti ini, Anda masih muda dan saya sudah tua. Tentu paparan polutan Anda dan saya beda, yang paling berisiko saya jika dilihat dari usia hidup. Nah, akan semakin berisiko jika saya punya faktor risiko. Makanya, polutan itu memang berdampak pada kesehatan manusia," terangnya saat diwawancarai di Klinik Wijaya Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2019).

Dokter Sukono melanjutkan, bukan hanya stroke yang jadi penyakit berisiko akibat polusi udara jahat, tapi juga bisa mengarah pada kanker. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran banyak orang dan pencegahan perlu dilakukan agar risiko tidak semakin parah.

Lantas, bagaimana akhirnya udara berpolusi bisa menyebabkan stroke?

Dokter Sukono menjelaskan kalau tidak diketahui pasti apa zat yang menyebabkan stroke, tapi polutan secara keseluruhan itu berdampak pada lancarnya aliran darah tubuh manusia. Nah, karena stroke ini penyakit yang terjadi akibat terjadinya penyumbatan atau pecahnya aliran darah, maka bisa jadi polutan menyebabkan masalah tersebut.

udara jakarta

"Jadi, polutan yang mengendap di tubuh menyebabkan pembuluh darah kaku dan masalah lainnya," ungkap dr Sukono. Semakin banyak polutan di dalam tubuh dan tidak diatasi dengan tepat, maka akan menjadi masalah untuk tubuh Anda.

Karena itu, dr Sukono menyarankan agar setiap orang memperhatikan kesehatan tubuhnya dan menjaga asupan makanan yang tepat. Olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup juga penting supaya Anda terhindar dari bahaya polusi udara yang sulit diminimalisir ketika sudah terhirup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini