nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocah 10 Tahun Temukan 11 Telur Dinosaurus, Ini Kisahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 10:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 31 612 2085783 bocah-10-tahun-temukan-11-telur-dinosaurus-ini-kisahnya-olIwm2ou0t.jpg Dinosaurus. (Foto: ADN)

ANAK-ANAK memang biasanya senang dengan dinosaurus, binatang purbakala yang sudah punah. Memang, bagi sebagian orang hewan tersebut hanyalah mitos belaka, lantaran tidak ada lagi yang hidup.

Tapi, bagi bocah asal China ini dinosaurus adalah hewan sungguhan, dan bukan sekadar mitos. Pasalnya, dia secara tidak sengaja menemukan salah satu peninggalan dari dinosaurus saat bermain di tepi sungai.

Dilansir Okezone dari Says, kejadian ini bermula ketika Zhang Yangzhe sedang mencari bebatuan untuk membuka kacang kenari yang dibawanya dari rumah. Tapi, ada sebuah batu berbentuk aneh dengan motif lingkaran pada permukaan kulitnya yang menarik perhatiannya.

Menurut laporan The Sun, pada saat itu Zhang bermain di sekitaran Sungai Dong di Heyuan, Provinsi Guangdong, China. Melihat penemuan tersebut, bocah berusia 10 tahun itu mengira bahwa telur yang ia temukan adalah telur dinosaurus.

Tanpa pikir panjang, Zhang langsung memberitahu sang ibunda tercinta, Li Xiaofant.

Alasannya sangat sederhana. Ia pernah melihat motif atau corak telur itu di sebuah museum. Tanpa pikir panjang, Zhang langsung memberitahu sang ibunda tercinta, Li Xiaofant.

Li kemudian menghubungi pihak berwajib dan sejumlah profesional untuk melakukan investigasi lebih lanjut. Benar saja, para profesional dari Heyuan Dinosaur Museum menemukan 10 butir telur dinosaurus lainnya saat menggali area tersebut.

Situs media asal Inggris, LadBible, mengklaim bahwa telur berukuran 3,5 inci itu sudah berusia lebih dari 66 juta tahun. Saat ini, pihak berwajib telah mengevakuasi seluruh telur ke museum untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Kepada media lokal, Li mengatakan bahwa putranya memang sangat menyukai sains sehingga proses penemuan telur dinosaurus itu menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi Zhang "Aku mempelajari informasi ini (telur dinosaurus) dari buku dan pelajaran di sekolah," kata Zhang.

Ia menambahkan bahwa setiap telur dinosaurus memiliki bentuk yang berbeda-beda. Zhang bahkan sempat membandingkannya dengan telur-telur yang ada di museum.

Zhang bahkan sempat membandingkannya dengan telur-telur yang ada di museum.

Terlepas dari penemuan tersebut, Kota Heyuang memang telah lama dikenal sebagai "Rumah bagi Dinosaurus". NextShark menyebutkan, sejak tahun 1996, lebih dari 17.000 telur dinosaurus telah ditemukan di Heyuang. Alhasil, kota ini pun sepakat untuk membuka museum dinosaurus. (mrt)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini