nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Penelitian: Menangisi Mantan Bikin Kamu Kurus!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 12:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 31 612 2085826 hasil-penelitian-menangisi-mantan-bikin-kamu-kurus-1I3lZndvnf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH kamu termasuk orang yang suka menangisi mantan? Kalau iya, kamu tidak perlu malu. Pasalnya, menangisi mantan bisa bikin berat badan kamu turun loh.

Pernyataan ini bukan isapan jempol belaka, karena para peneliti telah membuktikan efek dari "galau" tak berkesudahan tersebut. Memang, menangisi mantan bukanlah hal yang salah.

Sebab, saat Kamu terbiasa bersama dengan seseorang setiap harinya, lalu Kamu membiasakan diri lepas dari rutinitas tersebut, maka ada ruang hampa yang tak bisa Kamu kendalikan. Di saat itu juga akhirnya perasaan ingin menangis muncul.

Tapi, para ilmuwan telah menemukan fakta baru kalau perasaan sedih menyebabkan lonjakan kadar kortison, hormon yang berkaitan dengan stres. Tidak hanya hormon kortison, saat Kamu galau pun hormon prolaktin, leu-enkephalin, dan adrenocorticotropin (yang biasa disebut ACTH) diproduksi ketika Kamu berada di bawah tekanan.

karena Kamu benar-benar meluapkan semua emosi dan membuat Kamu jadi lebih 'ringan'.

Tetapi, ketika Kamu menangis dengan 'emosi nyata', tubuh mendapat sinyal kalau stres sudah berakhir dan Kamu tidak perlu mempertahankan lemak lagi. Pernyataan ini dilaporkan Bright Side.

Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan University of Minnesota menemukan kalau menangis dapat membantu penyembuhan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi tingkat kemarahan dan stres.

Dikutip Okezone dari The Sun, Profesor William Frey pada 2012 menyebut Kamu akan merasa jauh lebih bahagia setelah menangis, karena Kamu benar-benar meluapkan semua emosi dan membuat Kamu jadi lebih 'ringan'.

"Hormon yang menumpuk selama stres emosional dapat menghilang selagi air mata jatuh ke pipi," kata Profesor Frey.

Menangisi mantan pacar ternyata ampuh turunkan berat badan.

Dia menambahkan, stres yang tidak teratasi malah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan merusak area otak manusia. Kemampuan manusia untuk menangis ternyata memiliki nilai berarti dalam hidup manusia itu sendiri.

"Jadi, jangan segan untuk menangis jika emosi itu yang ingin Kamu keluarkan," tambahnya.

Sebagai tambahan, manusia selama hidupnya pasti akan menangis dan air mata yang keluar jika dikumpulkan bakal sebanyak 16,5 galon. So, mulai sekarang jangan merasa malu untuk menangis, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini