Bekraf Kirim 8 Industri Fashion Rumahan Bersaing di Fashion Show Las Vegas

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 194 2086319 bekraf-kirim-8-industri-fashion-rumahan-bersaing-di-fashion-show-las-vegas-mgPPldq5fv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PRODUK asal Indonesia memang semakin mendunia, terutama di bidang fashion. Banyak industri rumahan Indonesia yang ternyata memiliki kemampuan untuk bersaing dengan produk negara-negara maju lainnya.

Amerika Serikat adalah salah satu tujuan negara dengan ekspor terbesar bagi produk kriya dan fesyen. Nilai ekspor produk kriya Indonesia ke AS pada 2017 naik 11,2 persen menjadi USD1,39 miliar atau sekira Rp19,483 triliun.

Sementara untuk produk fesyen, mengalami peningkatan 12 persen menjadi USD5,29 miliar atau sekira Rp74,15 triliun. Karenanya, untuk semakin menancapkan kuku di pasar global, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun mendorong ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia.

Oleh karenanya, Bekraf pun akan mengirim delapan merek untuk mengikuti tiga pameran besar berskala internasional di Amerika Serikat. Yaitu NY Now, Agenda Show, dan Liberty Fairs.

Bekraf pun akan mengirim delapan merek untuk mengikuti tiga pameran besar berskala internasional di Amerika Serikat.

NY Now sendiri merupakan sebuah pameran dagang internasional yang secara eksklusif menampilkan produk-produk dari subsektor kriya, bahkan diklaim sebagai most powerful retail event in North America.

"Apa yang ingin kita dorong ke pasar global itu adalah jenamanya (merek). Karena dalam konsep ekspor yang ingin kita dorong adalah menumbuhkembangkan usaha kreatif kita, dan brand itu untuk masuk pasar global, agar nanti mereka dapat menjadi importir dari produk-produk tersebut," Ungkap Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak di Jakarta.

Tahun ini merupakan kali keempat sejak 2016 Bekraf berpartisipasi dalam gacara NY Now dan selalu membawa hasil baik. Tahun lalu saja, Indonesia berhasil berhasil meraup sekira Rp11 miliar dari gelaran NY Now. Tahun ini, Bekraf menargetkan dua kali lipat dari hasil tahun lalu.

Akan Ada delapan merek rumahan, lifestyle, dan gift yang akan dikirim dan mewakili Indonesia di ajang NY Now yang digelar 10-14 Agustus 2019, yakni Djalin, Kayou, Sackai Bags, Indo Risakti, Du’Anyam, Studio Dapur, Rengganis, dan Kana Goods.

Sedangkan Agenda Show dan Liberty Fairs merupakan pameran untuk subsektor fesyen streetwear dan produk pria kontemporer yang akan berlangsung di Las Vegas pada 12-14 Agustus 2019.

Jenama yang akan dikirimkan ke Agenda Show dan Liberty Fairs, antara lain Annas Tribe, KoolaStuffa, Niion, Reinkarnasi, Pot Meets Pop (PMP), Elhaus, Monstore, dan Bluesville.

Tahun lalu, banyak merek Indonesia kontrak pembelian serta kerjasama dengan Urban Outfitters, Inc sebuah perusahaan ritel multi-nasional yang bergerak di bidang lifestyle.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini