nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Romantisnya Jokowi dan Iriana Membatik, Motifnya Burung Garuda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 13:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 01 194 2086335 romantisnya-jokowi-dan-iriana-membatik-motifnya-burung-garuda-CdaWxqNb3x.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

MENYAMBUT Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo membatik di atas kain putih sepanjang 74 meter. Kain tersebut rencananya akan dihiasi motif batik dari seluruh Indonesia dan menjadi salah satu sejarah bangsa ini.

Momen Jokowi dan Iriana membatik ini terjadi di Beranda Peron A Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8/2019). Jokowi membatik tepat di samping Iriana yang tampil sangat ayu dengan syal batik biru mudanya.

Dengan disediakannya batik 74 meter di HUT Indonesia ini, Jokowi berharap bisa menjadi warisan pusaka batik yang tercatat di UNESCO dan bisa jadi sebuah 'brand' Indonesia di kancah internasional.

Adalah kesabaran, pikiran yang dingin, ya, renet gitu. Membatik juga mesti pelan-pelan, dihayati, dan dinikmati.

"Ini memasuki bulan kemerdekaan, bulan Agustus. Jadi di pagi hari ini, 1 Agustus 2019, kita mulai untuk membatik sepanjang 74 meter yang sesuai dengan dirgahayu kemerdekaan kita yang ke-74 tahun,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari situs Setkab.

Selain itu, Jokowi juga berharap ada regenerasi pembatik-pembatik dari angkatan tua, angkatan dewasa, angkatan yang remaja, sampai angkatan anak-anak, semuanya teregenerasi dengan baik. Sehingga diharapkan batik semakin bisa dikembangkan sebagai sebuah brand Indonesia.

Dalam momen tersebut, Jokowi juga menjelaskan kalau dalam membatik ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Adalah kesabaran, pikiran yang dingin, ya, renet gitu. Membatik juga mesti pelan-pelan, dihayati, dan dinikmati.

Mengenai motif batik yang digoreskan, Presiden Jokowi menyebut dengan istilah Garuda Nusantara, Gurdo. “Gurdo itu Garuda, Garuda Nusantara,” jelasnya.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit.

Jokowi memang berharap kegiatan membatik dapat digemari anak muda Indonesia. Apalagi, batik telah tercatat di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang dimiliki Indonesia.

Menurutnya, batik sebagai warisan pusaka batik Nusantara ini yang sudah tercatat di UNESCO dan bisa menjadi sebuah brand Indonesia di kancah internasional. Karenanya, dia pun berharap ada regenerasi pembatik-pembatik dari angkatan dewasa ke angkatan remaja, ke angkatan anak-anak.

Jokowi membatik dengan motif Garuda Nusantara. Namun, ia tampak kalah luwes dengan Ibu Negara Iriana yang juga ikut menorehkan tinta batik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini