Tips Anti Ketipu Belanja Online ala Samuel Rizal untuk Kaum Pria

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 194 2086644 tips-anti-ketipu-belanja-online-ala-samuel-rizal-untuk-kaum-pria-8gThd2H3EK.jpg Samuel Rizal (Foto: samuelrizal1/Instagram)

Zaman semakin modern. Perkembangan teknologi tak lagi terbendung. Perilaku konsumen pun mengalami pergeseran. Belanja online kini jadi pilihan.

Terlebih setelah menjamurnya lapak-lapak belanja online yang dikenal dengan istilah e-commerce. Kegiatan berbelanja tidak lagi identik dengan kaum hawa. Para pria pun mulai keranjingan berbelanja karena fiturnya sangat praktis.

Namun perlu diketahui bahwa kegiatan belanja online ini memiliki sejumlah risiko tersendiri. Pembeli tidak dapat mengecek langsung kualitas barang yang mereka pesan.

 Pria berkacamata

Jadi jangan heran bila banyak konsumen yang kecewa ketika menerima pesanan. Ya, alih-alih mendapatkan barang original, banyak konsumen yang justru menerima barang replika alias kw.

Untuk menghindari hal tersebut, aktor Samuel Rizal membeberkan beberapa tips ampuh berbelanja online untuk kaum pria. Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan survei kecil-kecilan.

Caranya bisa dimulai dengan mencari informasi jenis barang yang hendak dibeli, dan menelusuri kredibitilas toko yang menjual barang tersebut.

"Saya biasanya survei dulu. Surveinya juga enggak yang gimana-gimana. Biasanya survei apakah penjual sudah terjamin. Ini penting karena berbelanja online itu rentan terhadap penipuan. Kalau sudah yakin kan enak transfer uangnya," tutur Samuel Rizal saat ditemui di acara Bro Code Vol. II besutan Shopee, SCBD, Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2019.

Bila ingin membeli pakaian di toko online, Rizal mengatakan sebaiknya pastikan dulu ukurannya agar sesuai dengan tubuh. Kalau perlu, belilah pakaian dengan merek yang selama ini sudah sering Anda gunakan.

Hal tersebut akan meminimalisir risiko salah ukuran yang sering dialami banyak konsumen. Sementara untuk urusan harga, Samuel cenderung lebih fleksibel asalkan selisihnya tidak terlalu jauh dengan outlet resmi.

"Harga sih enggak masalah. Selama tokonya valid, ori, dan barangnya sesuai dengan kebutuhan, saya akan tetap ambil. Selisihnya juga tidak akan terlalu banyak, bahkan terkadang lebih murah," kata Samuel.

Sementara itu, Rezky Yanuar selaku Country Brand Manager Shopee Indonesia mengungkapkan, saat ini memang terjadi peningkatan jumlah konsumen pria, meski barang yang mereka cari cenderung lebih spesifik dibanding kaum hawa.

"Konsumen pria itu sudah sangat tahu apa barang yang mau mereka beli. Dan mereka kalau sudah nyaman dengan salah satu e-commerce pasti akan belanja di tempat itu saja," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini