nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah Kesurupan Menular? Anak Indigo: Pocong Gak, Kuntilanak Bisa

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 00:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 01 196 2086550 apakah-kesurupan-menular-anak-indigo-pocong-gak-kuntilanak-bisa-zRCba6EyRc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS kesurupan memang tidak asing di telinga kita, bukan hanya terjadi di tempat-tempat angker saja, bahkan di sekolah pun bisa terjadi, bukan hanya pada satu orang, tapi beberapa orang sekaligus.

Nah peristiwa kesurupan massal tersebut tentunya menimbulkan pertanyaan, apakah kesurupan bisa menular?

Dari sisi medis dan non medis, kasus kesurupan ini sangat menarik dibahas. Disebutkan, dalam ilmu psikiater, biasanya orang yang "tertular" kesurupan, akan mudah tersugesti dengan sendirinya. Tak jarang, mereka dapat mengalami ketakutan sampai menurunnya rasa percaya diri untuk berusaha kuat.

Dilansir Okezone dari WebMD, istilah kesurupan dalam bahasa medis disebut dengan Dissociative Trance Disorder (DTD). Kejadian ini merupakan gangguan yang menghasilkan kurangnya koneksi dalam pikiran, ingatan, perasaan, tindakan, atau rasa identitas seseorang.

Faktornya diduga karena mengalami rasa trauma yang dialami oleh orang lain saat menghadapi kesurupan.

Faktornya diduga karena mengalami rasa trauma yang dialami oleh orang lain saat menghadapi kesurupan. Sehingga situasi seperti ini bisa menyakiti diri sendiri, apalagi kalau ketakutan.

Nah, dari sisi mistisnya, Anak Indigo Nano Kyubi menjelaskan, pada dasarnya jenis kesurupan itu berbeda-beda. Umumnya, kesurupan yang "menular" itu karena adanya makhluk astral kuntilanak.

"Kalau manusia melihat sosok pocong atau dirasuki pocong, biasanya hanya tertegun dan tidak bisa bergerak. Kalau dirasuki kuntilanak, orang itu seketika menjerit," ucapnya saat dihubungi Okezone, Rabu 31 Juli 2019.

Menurut Nano, saat kondisi seseorang yang melihat korban kesurupan sedang lemah, juga pas pikirannya kosong, maka akan mudah "tertular". Belum lagi kuntilanak yang merasuki tubuh manusia dan menjerit, menjadi tanda suara untuk memanggil kuntilanak lainnya. Waduh, merinding nih!

Bukan cuma menjerit saja, terkadang ada kuntilanak yang menangis dengan suara kencang dan meronta-ronta. Jadi tak heran kalau lihat kejadian kesurupan massal, korbannya akan melakukan hal-hal aneh tersebut. Apalagi semua kalangan bisa diganggu, bahkan rentan sekali mengalami kesurupan.

Nano pun menjelaskan, kuntilanak memang paling senang mengganggu manusia. Biasanya, kuntilanak mengganggu manusia karena disuruh atau diperintah oleh seseorang. "Atau dia ingin menyampaikan sesuatu dan bisa juga dia merasa terganggu," beber Nano.

 kuntilanak memang paling senang mengganggu manusia. Biasanya, kuntilanak mengganggu manusia karena disuruh atau diperintah oleh seseorang.

Dia pun mengingatkan, agar Anda tidak rentan mengalami kesurupan atau diganggu makhluk astral, caranya sebenarnya sangat mudah. Jangan sampai pikiran kosong dan jangan takut kepada makhluk halus. "Terutama adalah sering salat atau berdoa," ucapnya.

Selain itu, Anda juga harus berani dan percaya pada diri sendiri di mana saja. Terpenting, doktrin pikiran sendiri agar makhluk halus tidak bisa masuk ke tubuh kita. Inilah rupanya penangkal yang harus diterapkan seseorang agar tidak mudah kesurupan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini