nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Bayinya Tasya Kamila, Ini 3 Kasus Body Shaming yang Viral di Media Sosial

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 01 196 2086574 selain-bayinya-tasya-kamila-ini-3-kasus-body-shaming-yang-viral-di-media-sosial-949SxPETRx.jpg Kasus body shaming yang viral di media sosial (Foto : Dailymail)

Kehadiran media sosial membuka peluang besar bagi banyak orang untuk mengemukakan pendapatnya secara bebas. Sayangnya kebebasan itu terkadang disalah gunakan dengan cara menuliskan komentar atau pendapat yang bernada negatif. Salah satunya adalah body shaming atau menghina tubuh orang lain.

Di Indonesia tengah ramai diperbincangkan kasus body shaming anak Tasya Kamila. Mantan artis cilik ini geram karena seorang netizen berkomentar negatif terkait fisik bayinya.

Selain anak Tasya Kamila, ada beberapa kasus body shaming yang sempat viral di media sosial. Okezone telah merangkum kasus tersebut dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2019). Berikut ulasannya :

The Dancing Man

Saat berada di sebuah pesta, kebanyakan orang akan bersenang-senang dengan cara menari mengikuti irama lagu. Hal yang sama juga dilakukan oleh seorang pria asal Inggris bernama Sean O’Brien. Sayang seorang tak bertanggung jawab merekam kegiatannya itu dan mempermalukan di media sosial.

Sean mengalami fat shaming dan cyberbullying karena orang yang merekamnya mengunggah video tersebut ke Twitter dengan keterangan yang mencemoohnya. Orang yang tidak diketahui namanya itu mengatakan Sean berusaha menari padahal tubuhnya gemuk sehingga ia sulit bergerak. Beruntung meskipun video itu viral banyak pengguna yang membela termasuk kalangan public figure.

The Dancing Man

(Foto : @@CassandraRules/Twitter)

Sean kemudian dikenal dengan nama The Dancing Man dan mendapatkan kesempatan untuk ikut berpesta bersama sejumlah bintang Hollywood. Tujuannya adalah untuk mengampanyekan anti body shaming.

Pengantin Kerala

Beberapa bulan lalu pengantin wanita di Kerala mengalami body shaming lantaran bentuk tubuh dan rupa wajahnya. Wanita bernama Juby Joseph itu menikah dengan Anoop P Sebastian. Foto pernikahan mereka dimuat di salah satu surat kabar dan kemudian disebarluaskan ke media sosial oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Pengantin Dibully

(Foto : @Meghakaveri/Twitter)

Ketika foto pernikahan tersebar, banyak orang yang mencemooh Juby karena dia menikah dengan Anoop yang berwajah tampan sementara dirinya terlihat tua. Padahal wanita tersebut dua tahun lebih muda dari suaminya. Tak sampai di situ, Juby dikatakan menyogok keluarga Anoop agar mau menikahinya. Ada pula yang mencela bentuk tubuhnya yang gemuk.

Juby dan keluarganya bahkan menerima komentar-komentar kasar dan seksis. Hal ini cukup membuat mereka merasa trauma.

Bridesmaid

Seorang wanita di Reddit diduga melakukan body shaming terhadap temannya yang semula diminta menjadi bridesmaid di acara pernikahannya. Wanita yang tidak diketahui namanya itu berbagi pengalaman jika dirinya tidak jadi meminta teman dekatnya, Erin untuk menjadi bridesmaid. Hal ini dikarenakan temannya itu memiliki ukuran payudara yang besar.

pengantin Body Shaming

(Foto Ilustrasi : Dailymail)

Wanita yang tidak diketahui namanya itu mengaku takut jika nanti tamu di pestanya malah berfokus pada Erin lantaran ukuran payudara tersebut. Oleh karenanya, ia tidak lagi menanyakan kesediaan Erin untuk menjadi bridesmaid dan memilih teman lain. Bahkan ia mengatakan jika Erin tetap jadi bridesmaid maka dibutuhkan biaya tambahan untuk membuat gaun.

Sontak saja wanita yang tadinya hendak berbagi pengalaman malah dihujat oleh pengguna lain. Banyak yang menyayangkan tindakan wanita tersebut dan mengatakan seharusnya ia tidak berbuat demikian. Curhatan tersebut pun menjadi viral dan mendapatkan protes keras.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini