nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Malu-maluin, Begini Cara Makan Steak yang Benar

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 18:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 01 298 2086449 jangan-malu-maluin-begini-cara-makan-steak-yang-benar-HNtrWvL0b4.jpg Etika makan steak (Foto: Shutterstock)

DALAM kehidupan sosial, etika alias manner itu sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Salah satunya tata cara alias etika soal makan steak. Jangan sampai malu-maluin kalau Anda belum tahu.

Khususnya saat makan steak, tahukah Anda bahwa untuk cara makan dan memotong daging steak itu ada etikanya sendiri loh!

Nah, agar tidak salah tata cara atau bahkan sampai salah bersikap saat menyantap hidangan steak, berikut ulasan singkat soal tata cara tepat memotong daging steak, sebagaimana dilansir Oureverydaylife, Kamis (1/8/2019).

1. Etika memotong gaya Amerika

Untuk gaya ala Amerika, terkait memotong daging diketahui ada dua aliran etiket utama. Pertama, dalam gaya Amerika ada yang disebut "zig-zag," yakni di mana kita mulai memotong dengan memegang pisau di tangan kanan dan garpu di kiri. Jari telunjuk harus tegak, jangan memegangnya seperti pensil atau mengepalkannya. Gunakan garpu untuk menjepit daging lalu potong dengan bantuan pisau bagian daging dengan presisi cukup untuk satu gigitan.

Makan steak

2. Etika makan steak gaya Amerika 

Setelah memotong gigitan pertama, letakkan pisau di atas piring. Jangan biarkan pisau menyentuh meja atau taplak meja setelah menggunakannya. Pindahkan garpu ke tangan kanan Anda, tusuk potongan steak yang baru saja dipotong, lalu baru dimakan dimasukkan ke mulut. Ulangi proses ini untuk tiap satu gigitan sekaligus, tidak perlu memotong daging menjadi banyak potongan terlebih dahulu karena sikap ini dinilai sebagai tindakan yang tidak rapi. Terlebih lagi memasukkan lebih dari satu gigitan di mulut bisa membuat terasa canggung, jika seseorang sedang berbicara kepada Anda.

3. Etika di luar Amerika

Untuk etika di luar wilayah Amerika, ternyata lebih simpel. Cukup pegang garpu di tangan kiri dan pisau di kanan saat memulai memotong daging. Setelah memotong, gunakan pisau untuk menahan daging yang dipotong di tempatnya dan tusuk daging memakai garpu, yang tetap berada di tangan kiri. Gunakan garpu untuk memasukkan daging ke mulut. Lebih sederhana dan lebih efisien.

 Makan steak

4. Etika umum dasar

Gaya etiket mana pun yang dipilih, tetap ada beberapa prinsip dasar yang perlu diingat. Pertama yakni jangan lupa untuk mendekatkan siku ke tubuh saat makan, jangan biarkan posisi siku menonjol ke sisi samping. Kedua, jangan pernah bicara dengan mulut penuh makanan. Ketiga, setelah selesai makan maka biasakan untuk meletakkan pisau dan garpu di sisi piring secara berdampingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini