6 Makanan Berkalori Rendah, Cocok untuk Melangsingkan Tubuh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 481 2086470 6-makanan-berkalori-rendah-cocok-untuk-melangsingkan-tubuh-lMCO8tdnEe.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Mendapatkan postur tubuh yang langsing dan ideal bukan perkara mudah. Selain harus rutin berolahraga, mengatur pola makan juga menjadi kunci utama. Namun sayangya, hingga saat ini program diet sehat selalu identik dengan makanan yang jauh dari kata lezat dan menggugah selera.

Sebagian besar bahan makanan yang dianjurkan berupa sayuran dan buah-buahan berkalori rendah. Memang betul bahan makanan seperti ini sangat penting untuk menjaga tubuh dari lemak-lemak membandel. Tapi ternyata, tidak semua sayuran dan buah memiliki kalori yang rendah.

Agar tidak salah konsumsi, berikut Okezone rangkumkan 9 jenis sayuran berkalori rendah untuk mendukung program diet sehat. Seperti dikutip dari akun Instagram, @nutritiional, Kamis (1/8/2019).

Seledri

Bahan makanan ini wajib masuk dalam daftar belanjaan kamu karena diklaim sebagai sayuran dengan kandungan kaloringan terendah. Bayangkan saja, 100g hanya mengandung 16 kalori. Seledri juga dikemas dengan serat dan beragam vitamin yang dapat membantu sistem metabolisme tubuh.

 Makanan berkalori rendah

(Foto: nutritiionis/Instagram)

 

Beri

Para pencinta buah stroberi dan blueberi bisa bernapas lega. Pasalnya, buah-buahan ini memiliki kandungan kalori yang terbilang rendah. Setengah gelas beri hanya mengandung 32 kalori. Selain itu, buah tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi masalah peradangan pada tubuh.

Grapefruit

Buah yang mirip jeruk ini mengandung sekitar 40 kalori per 100g. Grapefruit dikemas dengan vitamin C, asam folat, dan kalium yang baik untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Buat kamu yang sering sembelit bisa mengonsumsi grapefruit secara rutin.

Wortel

Wortel mengandung 41 kalori per 100g. Sayuran ini merupakan sumber serat yang baik serta kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folic acid, dan kalium. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi wortel.

Tomat

Setiap 100 g tomat mengandung sekitar 19 kalori. Tomat juga kaya akan serat, kalium, dan vitamin C. Tak heran bila dalam beberapa resep smoothies sehat, sayuran ini kerap menjadi salah satu bahan utamanya.

Zucchini

Zucchini adalah salah satu makanan berkalori rendah yang direkomendasikan oleh para ahli gizi. Makanan yang menyerupai timun ini mengandung sekitar 18 kalori per 100 g. Menurut ahli gizi, zucchini baik dikonsumsi karena dapat membantu meningkatkan fungsi usus serta keseimbangan air di dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini