Share

Kebiasaan Njot-Njot Motor saat Isi Bensin, Amankah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 612 2086430 kebiasaan-njot-njot-motor-saat-isi-bensin-amankah-k5a5tIthAW.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Beberapa waktu lalu sempat viral seorang bapak-bapak yang melakukan aksi njot-njot ketika sedang mengisi bensin di sebuah SPBU. Ya, teknik menggoyang-goyangkan kendaraan dinilai sangat efektif agar bensin yang masuk ke dalam tangki bahan bakar penuh dengan sempurna.

Dalam sebuah video yang diunggah sebelumnya, dengan sengaja seorang pria melakukan gerakan ‘njot-njot’ dengan upaya memasukkan lebih banyak bensin ke dalam tangki motornya. Bahkan saat melakukan aksinya, penumpang perempuan yang duduk di belakangnya pun ikut bergoyang mengikuti alur goyangan shock breaker.

 

Namun, apakah kebiasaan menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar benar-benar efektif atau hanya mitos belaka? Berdasarkan unggahan yang dibagikan akun @Viral24Jam, menilai kebiasaan menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar tidak benar sama sekali.

Bahkan pihak Pertamina menyarankan agar pengendara tidak menggoyangkan kendaraan saat sedang mengisi bahan bakar. Dalam sebuah spanduk yang diunggah ke akun Instagram tertulis bahwa menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar bisa menyebabkan kebakaran.

“Kebiasaan menggoyang mobil & motor saat isi bensin bisa menimbulkan kebakaran. Kebakaran bisa terjadi karena ujung nozzle besi bertemu dengan ujung tangki di saat kedua titi beda muatan bertemu. Maka terjadi gesekan listrik statis, maka memungkinkan adanya loncatan percikan api,” tulis spanduk tersebut.

Lokasi spanduk peringatan ini sendiri berada di SPBU De Jongste Oil Tanah Merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini sengaja dilakukan sebagai upaya menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

“BBM itu benda cair, tanpa digoyangpun bisa masuk sampai celah tangki,” tambahnya.

So, mulai dari sekarang jangan pernah menggoyangkan kendaraan Anda saat mengisi bahan bakar ya guys, Salah-salah justru kendaraan Anda yang berpotensi habis dilalap si jago merah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini