nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Depresi, Shafa Harris Ngaku Sempat Beberapa Kali Coba Bunuh Diri

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 02 196 2086819 depresi-shafa-harris-ngaku-sempat-beberapa-kali-coba-bunuh-diri-Nl5MbdJwR4.jpg Shafa Harris (Foto: shafaharris/Instagram)

Sebagian orang masih menganggap kesehatan fisik adalah sArtis depresiatu-satunya masalah kesehatan yang harus diatasi. Padahal, di sisi lain kesehatan mental juga sama pentingnya kesehatan fisik. Hal inilah yang tengah dirasakan oleh Shafa Harris. Putri Sarita Abdul dan Faisal Harris yang kala itu viral di publik karena mengkonfrontasi artis Jennifer Dunn yang dianggap telah merusak rumah tangga kedua orangtuanya.

Seperti hasil penelusuran Okezone, Jumat (2/8/2019) Shafa Harris mengungkapkan kondisi dirinya yang mengalami depresi ini melalui sebuah potret swafoto dirinya yang dilengkapi oleh narasi keterangan foto cukup panjang, yang menggambarkan bagaimana ia berjuang melawan depresi yang ia alami selama beberapa tahun belakangan ini.

Dengan gamblang, dalam narasi yang sama dengan depresi yang ia alami, ia kerap merasa kosong dan bingung setiap kali bangun tidur. Bahkan tidak hanya itu, saking beratnya depresi yang ia derita, Shafa menjelaskan kala itu bagi dirinya yang namaya kematian seolah lebih menarik bagi dirinya dibanding menjalani kehidupan di dunia.

"Beberapa tahun belakangan terasa sangat berat, aku bangun setiap hari merasa bingung dan kosong, pikiranku menghancurkanku lebih dari apapun yang bisa, dan terkadang kematian sepertinya lebih menarik daripada hidup," tulis Shafa dalam keterangan berbahasa Inggris.

 Artis depresi

Dara cantik satu ini mengaku, seperti banyak penyintas depresi lainnya, niat untuk mengakhiri hidupnya alias bunuh diri pun terlintas di pikirannya. Tidak hanya sekali, bahkan niat untuk bunuh diri tersebut beberapa kali mampir di benak Shafa.

"Rasanya mematikan rasa sakit saja tidak cukup, jadi aku mencoba untuk mengakhiri rasa sakit ini dengan mencoba mengakhiri hidup, itu terjadi beberapa kali, dan aku sangat bersyukur Tuhan membuatku gagal (melakukannya)," lanjutnya.

Kini, walaupun berterus terang kepada publik soal kondisi kesehatan mentalnya bukanlah keputusan yang mudah. Di akhir tulisannya, Shafa menerangkan sekarang kondisi mental dirinya sudah jauh lebih baik, dirinya sudah jauh lebih bahagia.

Terakhir, Shafa mengingatkan kepada orang-orang yang juga mengalami depresi seperti dirinya bahwasanya sebetulnya kehidupan dan dunia itu masih jauh lebih indah dengan adanya diri kita masing-masing. Serta tidak semestinya untuk mengakhiri hidup, karena hidup yang dimiliki benar-benar berharga adanya.

"Kesehatan mentalku adalah satu-satunya hal yang tidak ingin aku buka kepada seseorang, tapi aku lebih bahagia sekarang, aku sudah sangat berubah. Jika kamu punya pemikiran yang sama, ketahuilah bahwa dunia lebih indah dengan adanya kamu, hidupmu sangat berharga," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Depresi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini