Cici Panda Pamer Anaknya Menyusui Sambil Akrobat, Ini 6 Manfaat ASI untuk Bayi

Yunita, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 02 196 2086964 cici-panda-pamer-anaknya-menyusui-sambil-akrobat-ini-6-manfaat-asi-untuk-bayi-i8dEdy2w69.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WORLD Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia adalah sebuah event untuk mendorong agar para ibu mau memberikan ASI kepada anaknya. Pekan menyusui biasanya berlangsung dari 1 Agustus hingga 7 Agustus.

Pekan Menyusui Sedunia ini merupakan kampanye global utama dari Aliansi Gerakan Menyusui Dunia dan memiliki jangkauan terbesar untuk gerakan menyusui. Perayaan ini juga dilakukan oleh para selebriti Tanah Air, salah satunya Cici Panda.

Dalam akun Instagram pribadinya @pandasuper, Cici Panda mengunggah foto saat menyusui anaknya yang bernama Alika. Dalam keterangan foto tersebut, Cici Panda menceritakan pentingnya menyusui.

"Percayalah.. ini pose nyusuin Kamala sehari-hari jadi gambaran diposter-poster seorang ibu mendekap anaknya dengan posisi syantik sambil menyusui hanya terjadi di beberapa bulan saja.. sisanya akrobatic nenen.." tulis Cici Panda.

View this post on Instagram

Dapet bocoran dari @haloibu.id kalo mulai hari ini sampe nanti 7 agustus 2019 adalah World Breastfeeding Weeks ♥️ . Percayalah.. ini pose nyusuin Kamala sehari hari, jadi gambaran diposter poster seorang ibu mendekap anaknya dengan posisi syantik sambil menyusui hanya terjadi di beberapa bulan saja.. sisanya akrobatic nenen.. . Buat yang masih gadis dan gak kebayang gimana caranya bisa pantat bayi di atas dan mulutnya tetep nenen.. gak usah dibayangin, ada beberapa hal yang baru bisa dipahami ketika menjalani .. Tapi percayalah, ke-elastisan payudara busui itu FANTASTIS 🤣 . Pertama, secara pribadi harus ngucapin thank you so much ke @sessaxuanthi (ini cara ngucapnya kayak ala ala terima award ya neik!) ,karena dialah yang pertama kali 'ngeracunin' diriku soal pentingnya breastfeeding pas hamil Alika.. Mulai dari ikutan kayak kelas kecil sama dokter Utami Roesli yang selesai dari situ beneran bikin tekad nyusuin makin kuat.. sampe akhirnya pindah dokter kandungan yang praktek di RS pro asi Kemang Medical Care karena pas minggu ke 36, demi goal asi eksklusif ke Alika... Dan yes berhasil! Alika menyapih dirinya sendiri umur 2 taun 8 bulan.. . Dan sekarang giliran nyusuin Kamala dan pengennya minumal samoe Kamala umur 2 taun.. doakan berhasil ya.. . Btw buat ibu ibu yang sudah berusaha untuk menyusui tapi karena satu dan lain hal gak berhasil.. it's okay too.. all is well ♥️

A post shared by Cici Panda (@pandasuper) on

Menurutnya, banyak yang tidak akan terbayang bagaimana bisa pantat bayi berada di atas wajah, tetapi mulutnya menempel di payudara. "Ada beberapa hal yang baru bisa dipahami ketika menjalani .. Tapi percayalah, ke-elastisan payudara busui itu FANTASTIS 🤣," tulisnya.

"Btw buat ibu ibu yang sudah berusaha untuk menyusui tapi karena satu dan lain hal gak berhasil.. it's okay too.. all is well ♥️," tambah dia.

Lantas, sebenarnya apa sih manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi? Dilansir dari situs Parents, Jumat (02/08/2019) berikut Manfaat ASI bagi bayi:

1. Melindungi dari alergi dan Penyakit kulit

Protein dalam susu sapi dan susu formula kedelai dapat merangsang reaksi alergi, sedangkan protein dalam ASI lebih mudah dicerna oleh bayi.

2. Lebih baik mengkonsumsi ASI dibanding kan susu formula

Dengan baiknya mengkonsumsi ASI, akan terhindari dari penyakit sakit perut, diare, dan sembelit. Biasanya bayi yang mengkonsumsi susu formula akan rentan mengalami penyakit di antaranya. Dan tidak semua bayi dapat mengkonsumsi susu formula dengan baik.

3. Mengurangi risiko virus, infeksi saluran kemih, penyakit radang usus, flu perut, infeksi telinga, dan infeksi pernapasan

Bayi yang diberi susu formula tiga kali lebih mungkin menderita infeksi telinga daripada bayi yang disusui, dan hingga lima kali lebih mungkin menderita paru-paru basah. Dan infeksi saluran pernapasan bawah.

4. Mengurangi risiko SIDS (kematian mendadak pada bayi)

Meskipun hubungannya tidak jelas, bayi yang disusui hanya setengah dari jumlah kasus SIDS seperti halnya bayi yang diberi susu formula. Biasanya bayi yang mengalami SIDS berumur di bawah 1 Tahun.

5. Menjadikan vaksin lebih efektif.

Bayi yang disusui memiliki respons antibodi yang lebih baik terhadap vaksin daripada bayi yang diberi susu formula.

6. Melindungi dari penyakit Meningitis tulang belakang, Diabetes tipe 1, dan Kanker Kelenjar getah bening.

Ada faktor imun dan sel darah putih melalui ASI. Agar mendapatkan perlindungan pertama pada saluran cerna bayi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini