nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Holtekamp, Calon Ikon Pariwisata Kota Jayapura

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 14:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 02 406 2086857 mengenal-holtekamp-calon-ikon-pariwisata-kota-jayapura-D44eoeNpGQ.jpg Jembatan Holtekamp. (Foto: Instagram)

SETIAP daerah biasanya memiliki ikon sebagai obyek wisata. Bentuk ikon bisa bermacam-macam, mulai dari gedung bangunan, tugu peringatan, patung, atau bahkan jalan penghubung.

Ambil contoh Jalan Braga di Bandung, Jembatan Suramadu di Jawa Timur, dan yang akan segera diresmikan Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua.

Jembatan Holtekamp membentang di atas Teluk Youtefa. Jembatan tersebut memiliki desain dua buah pelengkung baja berwarna merah dan terlihat megah. Selain itu, jembatan ini terdiri dari bentang utama sepanjang 433 meter. Ada pula jembatan pendekat di bagian sisi yang panjangnya 600 meter.

Berdasarkan informasi yang Okezone himpun dari akun Instagram @kemenpupr, pembangunan jembatan dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan PLBN Skouw.

View this post on Instagram

KabarPUPR pagi, taukah #SahabatPUPR bahwa penyelesaian pembangunan Jembatan Holtekamp terus diupayakan. Saat ini konstruksi jembatan telah selesai dan tengah dikerjakan pembangunan jalan pendekat. Targetnya, jembatan yang melintas di atas Teluk Youtefa, Jayapura ini dapat diresmikan Juli mendatang . Pembangunan Jembatan Holtekamp merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura. Saat ini Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan jalan pendekat Jembatan Holtekamp sepanjang 9.950 meter dengan progres lebih 74,5 %. . Di samping meningkatkan konektivitas dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan PLBN Skouw, keberadaan jembatan juga akan berperan mengendalikan laju perkembangan Kota Jayapura ke arah bagian Barat yang berupa pegunungan dan sangat berisiko merusak hutan sebagai wilayah tangkapan air Kota Jayapura. . @info_binamarga #KerjaBerdampak #MenyambungNegeri #Jembatan #holtekamp #PUPRSigapMembangunNegeri

A post shared by Kementerian PUPR (@kemenpupr) on

Memang dengan adanya jembatan tersebut, waktu tempuh menuju kedua tempat menjadi lebih singkat. Ditambah dengan dibangunnya jalanan beraspal menuju jembatan sepanjang 9.950 meter.

Nantinya, para pengguna jalan yang melewati Jembatan Holtekamp akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona. Dari atas jembatan, pengguna jalan bisa melihat perbukitan hijau dan pulau-pulau kecil. Belum lagi birunya air laut yang tampak di depan mata dapat membuat hati terasa teduh.

Keindahan itu pun tak hanya terlihat ketika matahari bersinar. Di malam hari, pengguna jalan dapat menikmati keindahan jembatan yang dihiasi oleh lampu. Pantulan cahaya tentunya dapat membuat suasana di sekitar jembatan menjadi syahdu, terlebih bila sambil mendengarkan deru suara ombak.

Di sekitar jembatan juga terdapat beberapa lokasi yang menawarkan atraksi wisata. Sebut saja Pantai Hamadi dan kampung apung nelayan. Pengunjung yang datang nantinya bisa melihat langsung air laut yang jernih dan pasir putih.

Mereka juga bisa menaiki speed boat dan mendekat ke arah Jembatan Holtekamp untuk mengambil foto. Selain itu, di area kampung nelayan banyak spot-spot bagus untuk berfoto.

Sekadar informasi, hingga saat ini nama jembatan ini juga masih belum pasti. Selain Holtekamp, ada nama lain yang diusulkan yaitu Youtefa. Alasannya karena jembatan tersebut membentang di atas teluk dengan nama yang sama. Apapun namanya nanti, jembatan ini merupakan ikon yang menarik dan bisa dijadikan pilihan obyek wisata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini