nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Tak Suka Minum Susu? Begini Trik Mengatasinya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 02 481 2086922 anak-tak-suka-minum-susu-begini-trik-mengatasinya-1PvljIpPNd.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Banyak anak enggan minum susu secara rutin. Padahal, susu memberikan nutrisi harian yang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak. Mengonsumi susu juga bisa mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

Ahli Nutrisi Emilia Achmadi mengatakan, proses pengeluaran energi pada anak-anak dan orang dewasa berbeda. Pada orang dewasa, energi akan keluar jika seseorang bergerak aktif. Sedangkan pada anak-anak, energi akan banyak keluar tidak hanya saat mereka aktif, tetapi juga dibutuhkan saat proses pertumbuhan tulang.

Karena itu, konsumsi susu adalah salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisiharian. Mulai dari kalsium, fosfor, magnesium, hingga vitamin A, D, E, dan K.

 Anak minum susu

“Kalau pemenuhan gizi tersebut di bawah rata-rata, maka pertumbuhan tulangnya terganggu. Anak yang stunting kuncinya di asupan makanan, tidak semata-mata dari kuantitas tapi kualitas,” jelas Emilia saat ditemui dalam konferensi pers Susu Greenfields di Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Agustus 2019.

Untuk anak-anak, lanjut Emilia, idealnya mengonsumsi dua sampai tiga kali sehari dengan takaran 200 mili liter sekali minum.

Lalu bagaimana mengatasi anak yang tidak suka minum susu? Emilia mengatakan, rasa susu yang tersedia di pasaran saat ini sangat bervariasi. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh orangtua untuk memberikan asupan susu yang disukai oleh anak-anak, contohnya susu rasa stroberi.

"Ada alternatif rasa, dan itu tidak merusak kualitas susu. Kalau enggak suka susu murni, kasih anak susu rasa stroberi," ujarnya.

Namun ia juga mengingatkan kepada orangtua pada dairy product tidak hanya susu, tetapi juga ada keju dan yoghurt. Jika anak tidak menyukai susu, berilah dua jenis makanan tersebut.

Anda juga bisa mencampur yoghurt dengan buah-buahan segar agar rasanya lebih enak dinikmati. "Akan ada situasi di mana anak-anak enggak suka konsumsi susu, kuncinya tidak mengorbankan kualitas," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini