nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polusi Udara Jakarta Sudah Dikategorikan Bencana Perlahan

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 11:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 03 481 2087221 polusi-udara-jakarta-sudah-dikategorikan-bencana-perlahan-jGDjGviiny.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOTA Jakarta dinobatkan sebagai kota paling berpolusi menurut pantauan AirVisual. Kondisi polusi udara di sebagian wilayah di Indonesia ini dinilai semakin parah beberapa waktu belakangan.

Bahkan, ada beberapa pemerhati lingkungan melakukan gugatan kepada pemerintah, karena dianggap lalai memberikan udara bersih. Lantas, apakah permasalahan ini hanyalah sekedar tanggung jawab pemerintah? Tentu saja tidak.

Polusi udara terbentuk dari berbagai campuran material, material yang paling tinggi adalah asap dari kendaraan bermotor dan limbah rumah tangga.

"Polusi udara itu terdiri dari berbagai campuran material, bisa dari sektor industri ataupun jumlah kendaraan yang sekarang semakin tinggi, sektor rumah tangga juga berperan cukup tinggi dalam menyumbang polusi udara," ujar Yenny Purnamasari MKM dari Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia di acara #JanganTakutBernafas Dompet Dhuafa, Jakarta.

Tingkat pencemaran udara yang tinggi, ternyata bisa dikategorikan sebagai suatu bencana.

Tingkat pencemaran udara yang tinggi, ternyata bisa dikategorikan sebagai suatu bencana. Tidak main-main, hal ini dapat menyebabkan berbagai dampak yang sangat serius, baik bagi kesehatan tubuh kita maupun kepada generasi yang akan datang.

"Pencemaran udara sudah bisa kita kategorikan sebagai bencana, hanya saja secara umum bencana ini disebut sebagai slow onset disaster. Itu berlangsung secara perlahan-lahan, merusak, kemudian akan menyebabkan kerugian yang besar di masa yang akan datang," tambah Samsul Ardiansyah dari Departemen Lingkungan Dompet Dhuafa.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan untuk kesehatan kita, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan mulai dijadikan kebiasaan pada gaya hidup kita.

Perilaku mencuci tangan yang benar, menggunakan masker yang memiliki filtrasi baik, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga diri kita dari polusi udara atau virus dan bakteri yang kita hirup secara tidak sengaja.

Jadi, tentu saja kita sebagai salah satu yang ikut andil memproduksi polusi yang terjadi di udara harus terlibat aktif dalam memperbaiki kondisi udara dibeberapa wilayah Indonesia jauh lebih baik.

Hal yang dapat dilakukan oleh kita antara lain memaksimalkan penggunaan transportasi publik, melakukan uji emisi terhadap kendaraan, tidak membakar sampah, menanam tanaman polutan, dan menggunakan masker ketika bepergian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini