nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Gempa Susulan, Jangan Lupa Taruh Sendok dalam Gelas Sebelum Tidur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 03 Agustus 2019 00:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 03 612 2087129 waspada-gempa-susulan-jangan-lupa-taruh-sendok-di-dalam-gelas-sebelum-tidur-ngRkR5bjFf.jpg Waspada gempa susulan jangan lupa taruh sendok dalam gelas sebelum tidur

Petang tadi, Jumat (2/8/2019), kawasan Sumur, Banten, dilaporkan dilanda gempa berkekuatan 7.4 magnitudo. Getaran gempa tersebut bahkan terasa hingga wilayah Jakarta Pusat.

Insiden tersebut tentu menimbulkan rasa khawatir bagi masyarakat yang berdomisili di kawasan Jabodetabek dan Provinsi Lampung. Bukan tanpa alasan, getaran gempa memang terasa cukup kuat dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Buntut dari insiden itu, kini banyak pesan-pesan himbauan yang beredar di media sosial seperti whatsapp. Seperti sebuah pesan yang baru saja diterima Okezone.

info gempa

Isinya membahas seputar tips menghalau gempa susulan.

"Semisal ada gempa susulan, tar malam, taro sendok deh di dalam gelas, yah,...

Jadi walau kita tidur lelap bisa tau jikalau ada gempa dari bunyi sendok tersebut.

Di Jepang dan di lombok juga dikasih tau seperti itu.

Monggo dan jangan lupa berdoa yah, Guys" tulis pesan tersebut.

Pesan itu juga memberikan informasi bahwa tentang jenis-jenis getaran yang ditimbulkan saat gempa. Hal ini sangat penting bila posisi Anda sedang berada di gedung bertingkat.

"Orang Jepang ngajarin gue, kalau gempa goyangnya kiri - kanan, mengayun, boleh turun dengan tenang, atau tidak perlu turun. Tapi kalau goyangnya atas bawah, menghentak atau membanting, segera turun, itu menghancurkan," tulis pesan itu. (hel)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini